oleh

Kemendes Targetkan 10.000 BUMDesa Berkembang di 2024

Cisarua – Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi (PEI), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Harlina Sulistyorini menyebutkan, pihaknya menargetkan 10.000 BUMDes Berkembang, BUMDes Maju menjadi 1.800 dan BUMDes Bersama Maju menjadi 200 di tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Harlina dalam Rapat Sinkronisasi Kementerian/Lembaga di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Cisarua, Rabu (17/3/2021) kemarin.

“Jumlah BUMDesa yang telah terbentuk 47.500 dan yang telah registrasi secara online 41.833. Sedang BUMDesa Bersama yang telah registrasi online sebanyak 313,” kata Harlina dalam keterangan pers yang diterima g-news.id di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Untuk mewujudkan target tersebut, Harlina mengatakan, pihaknya memiliki  sejumlah program unggulan. Seperti peningkatan jejaring pemasaran produk hingga internasional dan pemilihan BUMDes Inovatif di Direktorat Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan.

Selain itu, ada juga program TEKAD dan Perhutanan Sosial di Direktorat Pengembangan Produk Unggulan, dan Revitalisasi BUMDesa dan BUMDesa Bersama di Direktorat Pengembangan Kelembagaan Ekonomi dan Investasi.

“Kami juga akan meningkatkan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga, BUMN atau Swasta, mitra pembangunan seperti UNDP, IFAD dan SURFAID termasuk dengan Pertides,” tuturnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed