oleh

Keluarga Besar Kodim Pemalang Menerima Penyuluhan Virus Corona

Pemalang – Agar paham mengenai virus Corona yang sedang mewabah, personel Kodim 0711/Pemalang dan Minvetcad 05/IV Pemalang baik Militer maupun PNS serta Persit KCK Cab XXI menerima penyuluhan kesehatan tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyakit Pneumonia akibat Virus Corona oleh Klinik Pratama Kartika 11 Pemalang , bertempat di Aula Makodim jalan Brigjen Katamso no 43 kelurahan Sugihwaras Pemalang, Senin (10/2/2020).

Dandim 0711/Pemalang Letnan Kolonel Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyuluhan tentang virus Corona ini merupakan kesempatan yang baik bagi keluarga besar Kodim Pemalang, sehingga kita bisa lebih mengetahui tentang apa itu virus corona dan bagaimana penularannya serta pencegahannya.
Dandim juga menekankan, kepada semua yang hadir agar memperhatikan, memahami dan akhirnya dapat mensosialisasikan kepada keluarga serta masyarakat sekitar kita, untuk itu tanyakan apabila kalau ada hal-hal yang belum dimengerti dan dipahami, sehingga kita dapat mengantisipasi secara dini untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan itu, baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat sekitar, Tegasnya.

“Sebagai aparat kewilayahan kita harus dapat memberikan penjelasan atau informasi resmi yang seragam kepada masyarakat agar tidak ada lagi kesimpangsiuran, hoaks atau spekulasi lainnya tentang virus corona di indonesia, langkah seperti ini juga bertujuan mencegah kecemasan atau rasa takut di masyarakat, apabila di wilayahnya ada informasi tentang wabah virus corona agar segera mengambil tindakan secara dini dengan berkoornisasi dengan unstansi terkait” Pesannya.

Sementara itu, nara sumber dari Klinik Pratama Kartika 11 Pemalang dr. Nurkholis menyampaikan, menyampaikan, Virus Corona yang sedang mewabah di Wuhan China saat ini menjadi masalah kesehatan Internasional, virus ini menyebabkan Pneumonia (radang paru) yang berdampak pada kematian. Virus corona ini pada mulanya merupakan virus yang menginveksi hewan, namun telah berevolusi dan menyebar serta dapat menginveksi manusia, dengan gejala awal batuk, pilek, kelelahan, demam hingga sesak napas.

Baca Juga  Danramil Pemalang, Ajak Masyarakat untuk Dua Hari di Rumah Saja

“Virus corona ini memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS, yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.” Paparnya.

Terkait virus ini, dr Nurkholis mengajak kepada seluruh Keluarga besar Kodim 0711/Pemalang harus mengetahui dan memahami dengan wabah virus Corona ini, sehingga bisa mengambil langkah pencegahannya, dan tidak perlu risau dan merasa khawatir karena banyak cara agar kita bisa terhindar dari virus yang saat ini menghebohkan masyarakat dunia.

“Yang paling utama kita harus melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, konsumsi makanan bergizi, dan kalau merasa demam, batuk dan pilek segera periksa ke dokter.” Pesannya,  (RedG/candra).

Komentar

Tinggalkan Komentar