oleh

Kapolres Merangin Jadi Saksi Pernikahan Adat Suku Anak Dalam Jambi

Jambi – Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan menghadiri proses Adat pernikahan warga Suku Anak Dalam (SAD) di perumahan warga SAD kelompok Tumenggung Jhon desa Mentawak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten. Merangin. Pernikahan adat itu dimulai sekitar pukul 05.30 WIB. Sabtu (23/1/2021).

Tidak hanya menghadiri, Kapolres Merangin juga diminta menjadi saksi proses Adat Pernikahan warga SAD yaitu  mempelai wanita Delima (Kaluarga Tumenggung Jhon) menikah dengan mempelai pria Wismar (Anak Tumenggunga Ngepas) yang dinikahkan oleh Tumenggung Tampung.

Sesuai dengan aturan adat bahwa pernikahan harus dilaksanakan sebelum terbitnya Matahari dan hanya boleh disaksikan oleh orang – orang tertentu diantaranya adalah keluarga dan Para Tumenggung SAD.

Kehadiran Kapolres Merangin dalam acara tersebut, menjadi satu  kehormatan bagi warga SAD. Pasalnya, Kapolres Merangin dianggap sebagai Rajo yang selama ini sangat peduli dan selalu memperhatikan keluhan warga SAD serta menjadi pengayom bagi seluruh warga SAD, yang merupakan kelompok minoritas di Kabupaten Merangin.

Dalam kesempatan tersebut, Tumenggung Ngepas dan Tumenggung Jhon sebagai tuan rumah juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Kapolres Merangin yang sudah berkenan hadir meluangkan waktu di sela sela kesibukannya.

“Terimakasih pak Kapolres telah datang undangan nikahan warga SAD, semoga bapak sehat selalu,” ujarnya.

Selain itu Kapolres Merangin juga mendapatkan penjelasan secara detil tentang adat istiadat SAD dalam menjalankan kehidupan sehari hari hingga saat melangsungkan proses pernikahan.

Sementara itu, AKBP Irwan Andy Purnamawan menyampaikan semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang bahagia.

“Alhamdulillah proses acara pernikahan lancar, semoga langgeng,” jelasnya  (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed