oleh

Banjir Tak Kunjung Surut, Babinsa Kodim Pekalongan Bantu Evakuasi Warga

Pekalongan – Bencana alam banjir di wilayah Kota dan Kabupaten yang tak kunjung surut dan cenderung meningkat membuat sejumlah pemukiman warga terendam air dan memaksa warga harus mengungsi ketempat yang lebih aman.

Sebagai wujud tanggap bencana dan kepedulian TNI dalam mengatasi kesulitan rakyat Kodim 0710/Pekalongan langsung bergerak cepat dengan melakukan berbagai upaya dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir tersebut yaitu dengan mendirikan dapur umum dan membantu evakuasi warga.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, juga bergerak cepat mengecek langsung ke lokasi titik-titik banjir dan melalui babinsa yang wilayahnya terdampak banjir juga langsung diperintahkan untuk memberikan bantuan kepada warga untuk melakukan evakuasi.

“ Semua prajurit Kodim 0710/Pekalongan harus melakukan tanggap bencana, bantu warga yang membutuhkan bantuan dan melaksanakan pemantauan wilayah untuk memastikan wilayah dalam keadaan aman”,terangnya. Minggu(7/2)

Menyikapi perintah tersebut, Babinsa pun juga bergerak cepat terjun langsung ke wilayah binaan. Seperti yang dilakukan oleh serda Hairun Kaimudin dan Serka Bejo HS, Babinsa Koramil 12/Tirto ini dengan sigap langsung membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir dan harus mengungsi di ketempat yang lebih aman.

Tampak mereka mengevakuasi warga yang lanjut usia dan anak-anak untuk dibawa ke pengungsian, tidak hanya itu, mereka bersama aparat terkait seperti Polri, BPBD dan relawan bahu membahu terus melakukan evakuasi warga lainya ke tempat pengungsian.

“ Saat melakukan pemantauan wilayah saya lihat ada emak-emak sudah lanjut usia dan rumahnya sudah terendam banjir, oleh sebab itu tanpa pikir panjang saya langsung gendong ibu tersebut menuju ke tempat pengungsian”,jelas Serda H.Kaimuddin.

Ditambahkan Serda Kaimudin, banjir saat ini termasuk lebih parah dari pada tahun lalu, sehingga banyak warga binaannya yang saat ini harus mengungsi. “ Lebih parah pak, dan kemungkinan air masih bisa bertambah tinggi karena hujan masih terus mengguyur hingga saat ini”,jelasnya.

Baca Juga  Binsiap Apkowil Digelar Kodim 0710 Pekalongan

data yang terhimpun saat ini oleh Kodim 0710/Pekalongan, akibat banjir yang terjadi untuk pengungsi di Kota Pekalongan sementara ada 2865 orang dan wilayah Kabupaten sebanyak 1229 orang dan dimungkinkan akan masih bisa bertambah mengingat cuaca masih belum cerah dengan intensitas hujan yang masih tinggi.(RedG/rus)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed