Temanggung – Dalam perayaan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2018 ini, banyak sekali rangkaian kegiatan yang digelar PCNU Temanggung. Perayaan beruncak pada Senin (22/10/2018) karena digelar Apel Akbar di tengah terik matahari pukul 08.30-11.15 WIB yang begitu menyengat.

 

Semangat para peserta apel akbar sebanyak 40 ribu lebih massa juga tersulut, sebagai puncak dari rangkaian HSN ketika dibacakan orasi jebangsaan ikeh ketua PCNU Temanggung yaitu K.H. M. Furqon Masyhuri. Pihaknya menegaskan bahwa refleksi resolusi jihad ini menunjukkan santri di garda depan membentengi NKRI dalam menghadapi ronggongan ideologi berbangsa dan bernegara, serta NKRI sudah Final.

Sementara itu, Bupati Temanggung H. M. AL-Hadziq yang menjadi pembina Apel Akbar HSN di Alun-Alun Temanggung memertegas dengan statemen bahwa santri mulai saat ini bukan lagi menjadi masyarakat pinggiran. “Namun sebagai penentu arah perkembangan bangsa Indonesia. Semua itu merupakan cermin dari resolusi jihad yang dipelopori oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari,” papar dia.

Setelah Apel Akbar juga ada kirab atau pawai mengelilingi Kota Temanggung. Sebelumnya ada pembagian hadiah dari PC NU Temanggung yang dutujukan kepada pemenang dari lomba yang diadakan oleh banom-banom NU sebagai rangkaian HSN 2018 Temanggung.

PMII Temanggung juga turut menyumbang lomba Foto dan Caption, dan juga Lomba Artikel Tematik. “Ini merupakan bentuk PMII berkhidmad dalam NU,” ujar Ketua Umum PMII Temanggung Ibrahim Fahmi. (RedG kontributor Robin).

Tinggalkan Komentar