oleh

Tak Ingin Tanggul Longsor dan Gagal Panen Babinsa Cawas Bersama BPP Cawas Adakan Gerdal Tikus

Klaten-Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723/Klaten Serma Agus Setya Hartono Beserta anggota lainya bersama BPP ( Balai Penyuluh Pertanian) Cawas dan Tim PPL Kecamatan Cawas mengadakan Penyuluhan dan pendampingan dalam rangka gerakan pengendalian ( Gerdal) hama tikus di lahan pertanian Desa Nanggulan Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Kamis ( 14/5/2020 )

Danramil 20 Cawas Kapten Cpl Trijoko memerintahkan babinsa untuk mendampingi petani dalam pengendalian hama tikus karena tikus ini merupakan salah satu jenis hama tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan petani.

“Dengan pengendalian rutin untuk meminimalkan dampak serangan selama pertanaman padi sawah musim ini. Meski serangan tikus belum mewabah, gerakan ini perlu dilakukan agar populasi hama tikus dapat dikendalikan,” ungkap Danramil

Dikatakan BPP Cawas Slamet Mulyono bahwa tujuan gerakan pengendalian tikus utamanya di lakukan di tanggul – tanggul yang sering terjadi longsor yang di akibatkan oleh lubang tikus yang menembus sampai ke sungai sehingga di lewati air dan menyebabkan tanggul longsor,” ungkapnya.

Diharapkan dengan alat sejenis long pengasapan atau pengemposan belerang semua tikus mati baik tikus besar maupun tikus kecil di lubang hunian tersebut.

Sementara itu Kades Nanggulan Suroto yang mengikuti kegiatan pengendalian hama tikus mengucapkan banyak terimakasih Kepada PPL, Babinsa Koramil 20 Cawas dan Kelompok tani yang sudah membantu program pembasmian tikus karena ini sangat penting sekali untuk ketahanan pangan supaya petani tidak gagal panen.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar