Pemalang – Kapolres Pemalang, Polda Jawa Tengah, AKBP Kristanto Yoga Dharmawan, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 670 personel untuk pengamanan Pemilu 2019.

Hal tersebut diungkapkannya pada saat Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2019 Kabupaten Pemalang di ruang Rapat Sekda Kabupaten Pemalang, Senin (18/2/2019).

Dalam Rakor yang dihadiri oleh Sekda Pemalang, Budi Raharjo, Kasdim 0711, Mayor Hariyono, Kepala BKD Pemalang, Sugiyanto, Ketua KPUD Kabupaten Pemalang, Mustaqfirin, S. Pdi, dan instansi lainnya, Ka Polres Pemalang juga mengingatkan perlunya Bimbingan Teknis pada petugas KPPS dikarenakan banyaknya KPPS.

“Perlunya pendidikan politik pada masyarakat supaya partisipasi masyarakat terhadap pemilu meningkat, Kepada para Caleg di harapkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa mensukseskan pemilu bukan saja mensukseskan para Caleg saja,” ujarnya.

Ka Polres Pemalang juga menegaskan bahwa pihak siap untuk pengamanan Pemilu.

Sedangkan Sekda Kabupaten Pemalang, Budi Raharjo, mengungkapkan logistik pemilu di kecamatan tidak bisa diletakan di satu titik karena kondisi tempatnya.

“Jadi saya mohon pada Danramil dan Kapolsek perhatikan keamanan logistiknya. Pengamanan pergeseran logistik pemilu dari TPS ke balai desa dan ke kecamatan dan seterusnya pengamanan harus melekat,” tegas Budi Raharjo.

Ketua KPUD Pemalang kemudian menjelaskan tahapan-tahapan Pemilu 2019 :

  • Masa Kampanye 23 september sampai 13 April 2019
  • Masa tenang 14 April sampai dengan 16 April 2019
  • 17 April 2019 semua APK harus sudah bersih
  • Kalo tidak ada permasalahan Pelantikan Presiden pada tanggal 20 Oktober 2019
  • Distribusi logistik dari KPUD ke PPK terakhir 5 April

“Jumlah Caleg se Kab Pemalang 495 Orang. Peserta pemilu bisa berhak membuat alat APK mandiri namun dari KPUD menyediakan,” jelasnya. (RedG)



Tinggalkan Komentar