oleh

Peningkatan Peran Apkowil di Kodim 0711 Pemalang

Pemalang – Dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0711/Pemalang menggelar Kegiatan Evaluasi dan Kajian Organisasi Satkowil TA 2018, bertempat di Aula Makodim 0711/Pemalang Jl. Brigjen Katamso No 43 Pemalang, pada Senin (30/07/18).

Kegiatan tersebut dihadiri Kasdim 0711/Pemalang Mayor Inf Hariyono, Para Danramil dan Pa Staf Jajaran Kodim 0711/Pemalang serta diikuti oleh diikuti para Bati Tuud, Bati Komsos, , Bati Wanwil, Bati Bakti TNI, Babinsa Ramil Jajaran Kodim 0711/Pemalang dan Bintara Staf Makodim 0711/Pemalang.

Dalam sambutannya Dandim 0711/Pemalang melalui Kasdim Mayor Inf Hariyono menyampaikan tentang pentingnya kegiatan ini kepada prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan. Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas. Kasdim juga menyampaikan sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2014 tentang TNI, khususnya pasal “8 point d” berbunyi bahwa Angkatan Darat bertugas “Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”. Untuk itu tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang diperankan oleh TNI khususnya Komando Kewilayahan (Satkowil).

Di akhir sambutannya, Kasdim menekankan agar para peserta senantiasa mendengarkan, menyimak, memahami dan mencermati setiap materi yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat mengimplementasikan saat pelaksanaan tugas di lapangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bebarapa materi oleh narasumber antara lain materi Aspek pemberdayaan wilayah pertahanan (aspek Geografi, Demografi dan Konsos) oleh Pasi Intel Kapten Cba Wijil Ariadi. Materi Komponen pembinaan satuan (Pembinaan organisasi dan satuan) dan gelar kekuatan oleh Pasiops Kapten Inf Daryanta. Materi pembinaan personel oleh Pasipers Lettu Arh Nasri. Materi pembinaan materiil, piranri lunak dan pangkalan oleh Pasilog Kapten Inf Siswanto. Materi penyelenggaraan Binter oleh Pasiter Kapten Inf Sarmin.
Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan evaluasi yang dipandu oleh Kasdim 0711/Pemalang Mayor Inf Hariyono. (RedG kontributor Candra)

Komentar

Tinggalkan Komentar