oleh

Manfaat Diklat Ma’arif NU Dipenghujung 2020

Semarang –  LP. Ma’arif NU PWNU Jateng kembali menjalin kerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Kepala madrasah. Acara ini dihelat pada tanggal 14-18 Desember 2020 di Hotel Muria Semarang.

Dalam acara yang dimulai pukul 09.00 ini diikuti oleh kepala madrasah dari berbagai kabupaten yang ada di Jateng, selain itu juga ada satu romobongan yang datang dari Kalimantan Selatan. Di pembukaannya, R. Andi Irawan selaku ketua LP. Ma’arif Jateng mengatakan bahwa acara ini diadakan karena banyaknya permintaan dari kepala-kepala madarsah yang belum melakukan Diklat Teknis Substantif.

Dipembukaan acara ini, kepala BDK Semarang, Drs. H. Anshori sangat mendukung terselenggaranya acara yang diperuntukkan untuk kepala madarsah ini, selain itu beliau juga memberikan rekomendasi narasumber dari PBNU. Di pembukaan itu juga hadir Kiai Muzammil selaku ketua PWNU Jawa Tengah, beliau mengatakan bahwa diklat ini perlu dilakukan karena untuk meningkatkan mutu kepala-kepala madrasah.

Dalam diklat yang diadakan LP. Ma’arif PWNU Jateng ini, juga memasukkan materi Aswaja. Materi itu disampakan oleh Hudallah Ridwan selaku sekretaris PWNU Jateng, dalam materinya, beliau mengatakan bahwa kepala-kepala madarsah di bawah lembaga Ma’arif NU harus mempunyai visi-misi yang kuat, terlebih harus bisa bermanfaat bagi umat dan peradaban.

Ada tiga jenjang yang mengikuti acara ini, yaitu MI, MTs, dan MA yang dibagi menjadi tiga angkatan. Dalam setiap angkatan diharuskan membuat tugas akhir. Tugas ini adalah gambaran bagaimana seharusnya madrasah ditingkatkan, baik dari segi mutu atau fasilitas. Dalam acara ini, ketua panitia Dziaul Haq mengharapkan semoga apa yang telah dipelajari selama lima hari ini dapat bermanfaat bagi madrasah masing-masing.

Baca Juga  Guru Ma’arif Di Boyolali Bari Dapat SK Jika Lulus PKPNU

Dari 120 peserta ini, masih banyak kepala-kepala madrasah yang belum bisa ikut pada Diklat kali ini. “Rencananya LP. Ma’arif NU PWNU Jateng akan melaksanakannya pada tahun depan di bulan-bulan awal” pungkas ketua panitia. 9RedG/aklis)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed