oleh

Mageri Segoro di Muara Indah Asemdoyong

Pemalang – “Polda Jateng Mageri Segoro” merupakan kegiatan yang dicanangkan Presiden RI Ir.H. Joko Widodo untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19, melalui rehabilitasi hutan Mangrove.

Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah,S.Sos.,M.Tr(Han) bersama Forkopimda turut hadir dan terjun dalam penghijauan dengan penanaman 65.000 pohon mangrove di Pantai Muara Indah desa Asemdoyong Kecamatan Taman Kab. Pemalang , Selasa (12/10/2021).

Selain Forkopimda turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kesehatan, dan OPD terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi yang dibacakan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo S.IK., M.H., mengatakan, Program yang digagas Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi ini, adalah dalam rangka mendukung pemerintah khususnya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19, melalui Rehabilitasi Hutan mangrove yang bertujuan mencegah Abrasi, mengurangi Emisi Karbon dan menjaga ekosistem pesisir, seperti yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi

Menurutnya, Program Polda Jateng “Mageri Segoro” yang di laksanakan serentak pada hari ini 14 Polres jajaran di antaranya di hukum Polres Pemalang, di wilayah di laksanakan secara bertahap sampai dengan bulan Desember 2021 dengan target 1 Juta pohon magrove yang di tanam sepanjang pesisir pantai utara dan pantai selatan provinsi Jawa Tengah.

“Dalam mendukung program tersebut Polres Pemalang melaksanakan kegiatan Penanaman Magrove di Pantai Muara Indah Asemdoyong kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, lokasi ini sebelumnya belum pernah ada kegiatan penanaman Magrove bentuk antisipasi dalam mengurangi abrasi, di wilayah Kabupaten Pemalang”, Pungkas Kapolres..

Dalam kesempatan yang sama Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST. Msi., mengapresiasi kegiatan Penanaman Mangrove di Kabupaten Pemalang yang diselenggarakan oleh Polres Pemalang di Pantai Muara Indah Asemdoyong Kecamatan Taman.

Baca Juga  PT Marcopolo Belum Repair Kapal ARK Prastige

Lebih lanjut menurut Bupati, Saat ini upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, salah satunya ialah abrasi yang dapat menyebabkan penyempitan garis pantai.

“Demi menyelamatkan lingkungan di daerah pesisir pantai, Pemerintah Kabupaten Pemalang siap mendukung program rehabilitasi hutan mangrove yang saat ini sedang gencar-gencarnya di laksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia khususnya di Wilayah Hukum Polda Jawa Tengah, untuk itu Pemerintah Kabupaten Pemalang akan ikut serta memberikan bantuan berupa bibit mangrove”, Tambah Bupati.

Bupati meminta, kepada masyarakat Kabupaten Pemalang, di masa Pandemi covid-19 ini sangat berdampak pada sektor perekonomian nasional agar bersama-sama kita bersinergi untuk melestarikan tanaman mangrove dan pelihara sebaik mungkin sebagai bentuk rasa peduli kita kepada lingkungan. Pemerintah Kabupaten Pemalang akan membuka peluang investasi wisata hutan mangrove dan terus menggali potensi-potensi yang ada di pesisir pantai, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional khususnya ke wilayah Kabupaten Pemalang tercinta ini’, Pungkasnya

Pada kegiatan tersebut Forkopimda juga memberikan secara simbolis paket sembako kepada perwakilan kelompok Tani, dilanjutkan dengan Penanaman secara simbolis bibit Magrove oleh Kapolres di ikuti Forkopimda dan Tamu undangan lainnya. (RedG).

    • Penulis : Candra
    • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed