oleh

Jokowi pun Disuntik Vaksin Merek Sinovac

Jakarta – Untuk kedua kalinya Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Dr dr Abdul Muthalib dipercaya menjadi vaksinator Presiden Joko Widodo pada vaksinasi tahap kedua ini. Vaksin yang diberikan kepada Jokowi ini, menurut Abdul, merupakan vaksin Sinovac.

Barangkali Jokowi ingin menjawab penilaian berbagai pihak yang meragukan vaksin merek Sinovac yang dinilai kurang evektif, sehingga akan berdampak pada si penggunanya.

Seperti penilaian dari pakar kesehatan Yanzhong Huang dari Council on Foreign Relation, negara-negara yang awalnya akan menggunakan vaksin Sinovac kemudian meragukannya dan mengganti dengan vaksin merek lain.

“Pak Presiden disuntik dengan vaksin merek Sinovac. Bukan merek yang lain,” tandas Abdul di Istana Negara, Jakarta, melalui siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/1/2021).

Dibanding vaksinasi tahap pertama, Abdul mengaku pada vaksinasi tahap kedua kepada Jokowi ini, lebih tenang. Atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memvaksinasi tokoh utama di negara ini, Abdul mengucapkan terima kasih kepada Jokowi

“Lebih tenang, karena sudah terbiasa dengan vaksinasi pertama. Yang kedua, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden yang masih tetap mempercayakan pada saya untuk divaksin yang kedua ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Abdul mengungkapkan, sempat berbincang dengan Jokowi mengenai keluhan pascavaksin. Jokowi, kata dia, mengaku tidak mengalami keluhan apapun.

“Tadi saya berbincang dengan Bapak Presiden dan menanyakan apakah Bapak ada keluhan setelah vaksinasi pertama ternyata tidak ada sama sekali, dan waktu disuntik bapak merasakan sedikit waktu ditusuk saja,” ungkap Abdul.

Dalam kesempatan itu, Abdul juga mengingatkan agar semua pihak yang divaksinasi tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

Baca Juga  Terima Dosis Pertama Vaksin Covid-19, Wapres Tak Rasakan Efek Samping

“Tetap 5M meskipun sudah divaksin tetap 5M,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani vaksinasi ke-2 di Istana Kepresidenan. Selain Jokowi, ada sejumlah tokoh lain yang vaksinasi. Acara ini disiarkan langsung lewat akun YouTube Sekretariat Presiden. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar