oleh

Resmi Jadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Dilantik Jokowi

Jakarta – Akhirnya Listyo Sigit Prabowo yang kini berpangkat jenderal itu, dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (27/1/2021).

Pelantikan Kapolri baru yang digelar di Istana Negara itu, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri undangan secara terbatas.

Berkumandangnya lagu “Indonesia Raya”, mengawali jalannya pelantikan. Seusai berkumandangnya lagu kebangsaan itu, kemudian dibacakan Keppres tentang pengangkatan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Jokowi kemudian memandu pembacaan sumpah jabatan Listyo Sigit Prabowo.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sigit.

Proses yang menentukan bagi Listyo, yaitu saat DPR menyetujui menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Hal itu terungkap dari hasil fit and proper test yang dilakukan KOmisi III DPR. Hasilnya, Komisi III menyetujui Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

“Komisi III menyadari bahwa kecakapan, integritas, dan kompetensi calon Kapolri merupakan persyaratan mutlak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu, Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni dalam rapat paripurna pengambilan keputusan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri digelar di gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).

Baca Juga  Luhut Uji Coba Alat Deteksi Covid-19 GeNoSe Buatan Anak Bangsa

Atas persetujuannya itu, DPR pun menyampaikannya kepada Mensesneg Pratikno pada Jumat (22/1). Berdasarkan surat tersebut, selanjutnya dibuat Keputusan Presiden tentang pengangkatan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Listyo Sigit Prabowo dalam fit and proper test di Komisi III DPR, berjanji,  akan membawa Polri makin profesional dalam berbagai bidang, termasuk penegakan hukum. Listyo Sigit Prabowo mengenalkan konsep presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Penegakkan hukum, menurut Listyo Sigit, akan diterapkan dengan tegas dan humanis. Listyo Sigigit tak ingin  ada lagi kasus-kasus yang mengusik rasa keadilan di masyarakat.

“Betul penegakan hukum harus dilakukan secara tegas, namun humanis. Di saat ini masyarakat memerlukan penegakan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat, bukan penegakan hukum dalam rangka untuk kepastian hukum,” paparnya. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar