oleh

Garda MN Siap Mendukung dan Mengamankan Kebijakan KGPAA Mangkunagoro X

Surakarta – Generasi muda (Garda) Mangkunagaran (MN) baik di cabang maupun di pusat siap mendukung, mensukseskan serta mengamankan kebijakan atau program dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) X dalam memimpin Praja Mangkunagaran, Surakarta. Organisasi kepemudaan tersebut siap berpartisipasi secara langsung dalam mengembangkan budaya luhur Mangkunagaran dengan tetap memegang teguh nilai nilai Tri Dharma, dan nilai nilai Pancasila.

“Acara sambung rasa antara Garda Mangkunagaran dengan KGPAA Mangkunegoro X dilaksanakan secara online, sebab saat ini masih masa pandemi, meskipun begitu acara berjalan khidmat dan lancar. Dalam kesempatan tersebut langsung dihadiri secara daring KGPAA Mangkunagoro X, Dewan Wiku (penasehat) Garda MN baik pusat maupun cabang, serta Pengurus Garda MN pusat, maupun cabang Jateng dan DIY,” ujar Ketua Garda Mangkunagaran Cabang Jateng dan DIY, Raden Mohammad Bagus Pratomo Ryagede, dalam sambutannya, Rabu malam (11/5).

Dia mengatakan, berhubung masih dalam suasana Lebaran, dimanfaatkan untuk ber halal bi halal, Garda Mangkunagaran mengucapkan Selamat Hari Raya ldul
Fitri 1 Syawal 1443 H. Pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada KGPAA Mangkoenagoro X yang telah berkenan menyediakan waktu dan ruang untuk
bersilaturrahm. Apabila semua sudah saling mengenal, hingga akhirnya nanti Garda Mangkunagaran mampu secara harmonis melangkah bersama Pura Mangkunagaran dan entitas tiga pilar Mangkunagaran lainnya. Garda MN siap mendukung penuh langkah KGPAA Mangkoenagoro X untuk menjaga, dan semakin membesarkan serta memajukan
Mangkunagaran. Garda Mangkunagaran sendiri dibentuk tidak lain sebagai wujud kepedulian generasi muda Trah Mangkunagaran, yang merasa perlu untuk ikut berbuat sesuatu demi leluhur dan keluarga besar Mangkunagaran.

“Saya selaku Dewan Wiku sangat mengapresiasi Garda Mangkunagaran yang telah menggelar sarasehan ini, saya ajungi jempok untuk Garda. Sebagai organisasi kepemudaan Mangkubagaran, Garda harus selalu siap mendukung dibelakang Kanjeng Gusti untuk memajukan dan mengembangkan Mangkunagaran agar lebih besar lagi,” tandas Ketua Dewan Wiku Garda MN Cabang Jateng dan DIY, KPH Tjuk Soesilo Hardihardjono, dalam sambutannya.

Baca Juga  Lewat Panggung Kahanan, Kenang Didi Kempot

“Saya mengapresiasi kegiatan sarasehan ini, dan terlihat sudah dipersiapkan secara matang, dan saya mengajak semua pihak yang peduli dengan Mangkunagaran agar bisa berkomunikasi, berkoordinasi dan bersinergi bergerak bersama untuk memajukan dan mengembangkan Mangkunagaran,” sambut KGPAA Mangkoenagoro X saat sarasehan tersebut.

KGPAA Mangkoenagoro mengatakan, langkah yang sudah dilakukan Garda MN sudah baik dan perlu terus dikembangkan. Pihaknya siap membuka komunikasi, koordinasi, diskusi dan bersinergi dengan Garda MN, sebab kegiatan yang dilakukan mereka perlu didukung dan dikembangkan. Bahkan mereka sudah membuat panduan berbusana saat malam 1 Suro yang cukup detail dan mudah dipahami, hal itu dinilai cukup bagus. Bahkan KGPAA Mangkoenegoro X mempersilahkan agar Garda MN segera mengirim surat untuk berdiskusi membicarakan langkah kedepan untuk Puro Mangkunagaran. Pihaknya berharap, ada pertemuan berkala untuk berdiskusi, sebab melalui diskusi tersebut bisa lahir ide ide kongkret yang bisa dilakukan untuk membangun Mangkunagaran. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed