oleh

Canda Tawa Penghilang Penat

Pati – Semangat, semangat dan semangat….. Itulah yang selalu tampak dalam keseharian antara TNI dan Rakyat selama pekerjaan pembuatan makadam jalan yang ada di Desa Mojoluhur Jaken. Senin ( 04/03/2019).

Tak pernah ada kata lelah, tak pernah ada niat menyerah dan tak pernah ada kata pasrah. Yang ada hanya, selalu semangat untuk bekerja bergotong royong agar makadam ini dapat segera terwujud dan masyarakat dapat segera menggunakan jalan yang selama ini diharapkan yang menghubungkan Dukuh Mbingi dan Dukuh Gempolduwur Desa Mojoluhur sepanjang 350 meter.
Suasana kebersamaan antara TNI Rakyat dalam bekerja selalu terlihat setiap harinya. Semangat merupakan modal dasar dalam bekerja yang tak pernah hilang dalam untuk membuat makadam meski jauh ke dalam untuk melangsir material.
Dengan motivasi dan semangat yang ditimbulkan dalam diri masing-masing akan memberikan dorongan kerja kepada semua yang ada dilapangan baik TNI atau Rakyat guna menunjang tugas Binter di wilayah untuk mendukung tugas pokok satuan. Dengan semangat pula kebersamaan itu akan terwujud.

” Sungguh kami sebagai warga sangat terbantu sekali dengan adanya TMMD ini. Karena kami nantinya akan lebih dekat untuk ke dukuh sebelah dan juga anak-anak dalam ber-sekolah lebih aman lewat jalan baru ini. Dan kami salut kepada TNI yang selalu semangat dalam kerja ini. Meski hari libur, pekerjaan tetap jalan.” ujar pak Sartono selaku warga.
Dengan semangat ini pula menunjukan kemanunggalan TNI Rakyat, dimana keakraban itu selalu tampak diantara mereka. Kerja bhakti dianggap penting karena kerja bakti adalah untuk menjaga tali silaturahmi antar warga. Melalui kerja bakti pula, beban yang berat itu akan menjadi ringan dan pekerjaan akan cepat selesai. Kerja bakti hendaknya tetaplah dijaga sebagai tradisi yang dapat membangun sekaligus menjaga tali persaudaraan antar warga. Kerja bakti juga akan menghasilkan sebuah karya bersama untuk dinikmati bersama-sama pula.

Baca Juga  Sisada Keramas, Mudahkan Pengawasan Orang Asing 

” Semangat ini harus selalu dijaga dan dipertahankan, agar kita selalu menjadi kompak, bersatu dan selalu manunggal dalam bekerja. Semangat ini harus selalu ditimbulkan pada diri masing-masing agar selalu tumbuh jiwa kebersamaan. Kalau kita sudah memiliki jiwa kebersamaan ini, maka yang ada hanyalah kekompakan dan saling mengerti serta mengisi antara satu dengan yang lainnya sehingga akan tercipta suatu kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.” tegas Danramil 16/Jaken, Kapten Inf Urip Widodo.
Dalam Kerja Bhakti ini menunjukkan bagaimana TNI dan Rakyat harus selalu manunggal dan selalu bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita Kemerdekaan dengan Pembangunan di segala bidang. (RedG Kontributor Narto)

Komentar

Tinggalkan Komentar