oleh

Ujian Tari Sanggar Kaloka, Wong Jowo Ojo Ilang Jawane

Pemalang – Sanggar Seni Kaloka yang beralamat di Perum Pemalang Indah Regency PIR 7 Blok J3 RT 2 RW 19 Bojongbata Pemalang Jateng, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mengadakan Ujian Tari dan Pentas Seni Sanggar Seni Kaloka Pemalang, di pendopo Taman Patih Sampun, Pemalang, Minggu (4/4).

Ujian semesteran ini dibuka dengan perform Tari Bambangan Cakil diikuti sebanyak 54 peserta. Terdiri beberapa kelas/kelompok dengan membawakan tarian yang sesuai dengan kelasnya. Sebanyak 14 peserta dari Kelompok A menampilkan tari Topi, 7 peserta kelas B2 menari bebek, 12 peserta kelas B1 menari Kebyok Anting-anting, kelas C sebanyak 7 membawakan tari Walang Sumbada dan kelas dewasa atau kelas D sebanyak 14 siswa mempersembahkan Bajidor Kahot.

Menurut Bayu Kusuma Listiyanto, Ketua dan pelatih sanggar tari Kaloka mengungkapkan, ujian semester tari ini akan menguji anak didik meliputi gerak, karakter, irama dan hafalan.

Bayu menerangkan bahwa ujian tari semester awal 2021 juga terintegrasi dalam forum silaturahmi Sanggar Tari Jawa Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga termasuk dalam program divisi tari dari Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Pemalang.

“Kegiatan ini, pastinya juga menanamkan pemahaman tradisi kepada anak agar mencintai budayanya sendiri. Ini juga suatu hal yang menjadi kewajiban bagi kita untuk mengenalkan kepada mereka agar mereka paham atas budaya Jawa, budaya nasional. ‘ora kelalen klambine, menjadi orang Jawa yang ora ilang Jawa ne” jelasnya.

Lebih jauh Bayu mengungkap semakin kita mencintai budaya, maka akan tertanam jiwa patriotisme kecintaan terhadap budaya kita Indonesia.

Selain peserta serta orangtua siswa yang ikut mengantar ujian, hadir pula wakil ketua KSBN Kabupaten Pemalang beserta pengurus lainnya, perwakilan dari Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pemalang serta pendiri sanggar Kaloka Kustoro. (RedG/SWE)

Baca Juga  Gelar Pasukan Skala Besar Pengamanan Pemilu di TPS Wilayah Brebes

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed