oleh

Serius Tangani Covid-19, Satgas Lakukan Rapid Test Di 10 Lokasi

Kota Pekalongan – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekalongan terus menggencarkan uji cepat atau rapid test secara massal di 10 lokasi yang tersebar di Kota Pekalongan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Tes rapid massal sebanyak-banyaknya ini sengaja dilakukan untuk bisa segera menemukan yang positif, untuk kemudian diisolasi agar tidak menularkan dan ditangani secara medis agar tidak terlambat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, sekaligus Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto,SKM,MKes menyampaikan bahwa beberapa tempat keramaian disasar untuk dilakukan tes rapid massal seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan modern, ekspedisi pengiriman, dan sebagainya.

“Kami mengagendakan rapid test massal di 10 lokasi dimulai dari kemarin dimana lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang banyak berkumpulnya aktivitas masyarakat seperti di pasar, mall, kampus, ekspedisi pengiriman dan lain sebagainya,” tutur Budi saat ditemui di lokasi rapid test yang digelar di salah satu pasar tradisional, Selasa (16/6/2020).

Diungkapkan Budi, adapun setiap lokasi yang disasar disediakan minimal 40 buah alat rapid untuk mengambil sampel darah baik para penjual, pegawai, maupun pengunjung di lokasi-lokasi yang telah ditentukan tersebut. Setelah mereka dirapid test, hasilnya nanti akan dibahas bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Pekalongan untuk dianalisa lebih lanjut. Lebih lanjut, Budi menyebutkan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan sudah cukup menurun.

“Untuk perkembangan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan saat ini, berdasarkan data terakhir (14 Juni 2020), Kota Pekalongan masih ada 2 ODP dalam pemantauan, PDP sudah tidak ada (nol), pasien terkonfirmasi positif masih 1 orang asal Kota Pekalongan yang masih menjalani isolasi mandiri yang Alhamdulillah dalam keadaan sehat dan tetap dilakukan pengawasan secara ketat oleh tim kesehatan, sehingga penularan dapat ditekan,” tandas Budi. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar