oleh

Semarak Peringatan HDKD Kemenkumham Tahun 2021

Jakarta – Dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD)Tahun 2021 di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), digelar kegiatan syukuran dan anugerah, pada Sabtu (30/10/2021). di Kantor Kemenkumham di Jl.HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Acara syukuran dan anugerah HDKD 2021 itu, dibuka oleh Menkumham Prof. Yasonna Hamonangan Laoly SH, M.Sc., Ph.D dan dihadiri oleh Prof. Dr. Eddy O.S Hiariej SH, M.Hum ( Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia), Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Penasehat Kehormatan Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama Unit Setjen, dan Penerima penghargaan.

Seperti diketahui, rangkaian peringatan HDKD 2021 dibuka dan diawali dengan pelaksanaan Doa Kumham untuk Negeri dipimpin Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Mengangkat tema Semakin PASTI (profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif), Menteri Yasonna meminta, agar seluruh jajarannya menjadikan peringatan tersebut sebagai momentum meningkatkan pelayanan publik.

Hal ini, lanjut Yasonna, dibangun melalui pembenahan secara komperhensif untuk menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks dan dinamis.  “Pembenahan tersebut termasuk dalam kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Yasonna.

Karena itu, Yasonna meminta, agar setiap pegawai Kemenkumham dalam setiap tindakannya mengambil keputusan yang tepat dan akurat. “Keputusan yang diambil tentu harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, menjunjung tinggi norma dan etika sebagai Aparatur Sipil Negara serta mempertimbangkan norma serta martabat masyarakat,” papar Menkumham.

Selain itu, Yasonna menambahkan, keramahan dan kesesuaian dengan ketentuan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat juga harus dikedepankan. “Karena di tengah kondisi pandemi, insan Kemenkumham juga wajib menjadi agen edukasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto menambahkan, tema HDKD 2021 yaitu Semakin PASTI memiliki arti adanya keberlanjutan program yang sudah digencarkan sejak tahun sebelumnya. “Tentu diimbangi dengan evaluasi komperhensif,” ujarnya.

Dalam rangkaaian kegiatan HDKD 2021, Kemenkumham memberikan penghargaan yang dibagi dalam beberapa kelompok peenerima Penghargaan Anugerah HDKD 2021:

Baca Juga  Peringatan HANI, Sinergitas Stakeholder Berantas Narkoba

I. Kategori Unit Utama dan Kantor Wilayah yang Berperan Aktif dalam Melakukan Penanganan COVID-19

A. Unit Utama :
1. Dr. Sri Puguh Budi Utami Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia;
2. Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K.,M.H. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
3. Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum. Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional;

B. Kantor Wilayah :
1. Drs. Ibnu Chuldun, Bc.I.P., S.H., M.Si. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta;

2. Kategori Pegawai (PNS dan PPNPN) yang Berpartisipasi Aktif Penanganan COVID-19 di Satuan Kerja
dr. Juniarto, M.M., Dokter Madya pada Bagian Bina Sikap Mental dan Layanan Kesehatan, Biro Umum Sekretariat Jenderal

3. Kategori Keluarga Pegawai yang Turut Serta Berjasa dalam Penanganan COVID-19
Yuyun Yuningsih, A.M., Keb (istri dari Agus Rianto Kepala Urusan Kepegawaian Kanim Kelas I TPI Tanjung Priok)

4. Kategori Aparat Penegak Hukum/ Pemerintah Daerah/ Pihak Swasta yang Mendukung Progam Vaksinasi dan Penanganan COVID-19 pada Satuan Kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
International Committee of the Red Cross (ICRC)

Penyerahan penghargaan untuk Mitra Kerja dari lingkungan TNI AL, TNI AD, TNI AU dan Kepolisian (Foto: Dok Humas Kemenkumham)

II. Penghargaan Bagi Mitra Kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
1. Irjen. Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum, Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara Kepolisian Negara Republik Indonesia
2. Kompol. Beddy Suwendi, S.I.K., S.H. Kepala Kepolisian Sektor Setiabudi Jakarta Selatan
3. Sis Apik Wiayanto, Direktur Hubungan Kelembagaan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.

III. Penghargaan Karya Dhika bagi Pegawai Berprestasi
Achmad Fahrurazi, S.H., M.H. Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Kepegawaian, Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal.

Semarak kegiatan Peringatan HDKD Kemenkumham 2021 (Foto Dok Humas Kemenkumham)

Selain itu juga dilakukan pemberian penghargaan terkaait berbagai perlombaan yang digelar pada HDKD, yaitu:

1. Lomba Cerdas Cermat Akuntansi dan BMN Kategori tingkat manajerial :  Jayeng Supriyanto (Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi), Ferry Firmansyah (Kantor Wilayah Jawa Barat), Fajar Ari Saputra (Direktorat Jenderal Administrasi Hukum umum).

2. Lomba Cerdas Cermat Akuntansi dan BMN Kategori tingkat pelaksana : Fatah Nasrun Habar (Kantor Wilayah Sulawesi), Cika Risnu Cyntia (Kantor Wilayah Sulawesi Utara), Ario Dwi Wicaksono (Kantor wilayah Bangka
Belitung).

Baca Juga  Kemenkumham Ajukan Anggaran untuk Masyarakat Miskin ke DPR

3. Anugerah pegawai berprestasi diberikan kepada  Achmad Fahrurazi, S.H., M.H. (Sekretariat Jenderal)

4. Pegawai yang berperan aktif dalam melaksananakan penanganan covid-19 : dr. Juniarto, M.M. (Sekretariat Jenderal)

5. Keluarga pegawai yang berperan aktif dalam melaksananakan penanganan covid-19
– Yuyun Yuningsih, A.M., Keb (Istri dari Agus Rianto Kepala Urusan Kepegawaian Kanim Kelas I TPI Tanjung)

6. Lembaga yang mendukung program vaksinasi dan penanganan covid-19 bagi ASN/WBP :
– Daisuke Shibasaki Penasihat Politik Regional ICRC ( International Committee of the Red Cross (ICRC)

7. Kanwil yang berperan aktif dalam program pengendalian covid-19 :
– Drs. Ibnu Chuldun, Bc.I.P., S.H., M.Si., Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta (Kanwil DKI Jakarta).

8. Unit Utama yang berperan aktif dalam program pengendalian covid-19 :
– Yayah Mariani, S.H., M.H., Sekretaris Balitbangkumham (Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia)
– Anak Agung Gde Krisna, Kepala Biro Umum (Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia)
– Audy Murfi M.Z., Sekretaris BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional)

Penghargaan Mitra Kerja untuk Kapolsek Setiabudi, Jakarta Selatan (Foto Dok Humas Kemenkumham)

Sedangkan Penghargaan untuk Mitra Kerja Kemenkumham diberikan kepada Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut), Irjen. Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum (Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara Kepolisian Negara Republik Indonesia), Kompol Beddy Suwendi, S.I.K., S.H. (Kepala Kepolisian Sektor Setiabudi Jakarta Selatan), dan Sis Apik Wijayanto (Direktur Hubungan Kelembagaan PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.).

Atas penghargaan tersebut, Kapolsek Metro Setiabudi sebagai yang menerima penghargaan Mitra Kerja, karena berperan aktif dalam Program Pengendalian COVID-19 mengucapkan rasa syukurnya. “Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT juga rasa terima kasih kepada Menteri Hukum dan HAM Bapak Yasonna.Laoly atas penghargaan yang telah diberikan kepada Saya,” papar  Kompol Beddy Suwendi, S.I.K., S.H.

Beddy menambahkan, penghargaan ini menjadikan motivasi untuknya. “Saya sebagai seorang Anggota Polri agar bisa terus berbuat baik serta membantu sesama,”pungkasnya. (RedG/Ian)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar