Pemalang-Mahasiswa KKN Undip kelompok 2 yang berposko di Dusun Pondok Nangka Desa Beluk kecamatan Belik, membentuk kelompok wanita tani yang menghimpun kalangan perempuan, guna pemberdayaan berinovasi dalam olahan produk nanas, sehingga memanfaatkan hasil pertanian. Dalam acara peresmian kelompok wanita tani dan penyerahan alat dihadiri oleh kepala Desa Beluk,Kepala Dusun Pondok Nangka, serta kelompok wanita tani, kamis (26/07/2018).

 

Menurut Cryspalina Dwi Octa  Selaku koordinator kelompok 2 KKN Undip melihat penghasil pertanian desa beluk nanas madu, maka kita bentuk kelompok wanita tani serta di ajarkan cara pengolahan nanas madu menjadi produk makanan. Masyarakat  biasanya hanya menjual buah nanas saja, tetapi dengan pemberdayaan olahan nanas diharapkan bisa meningkatkan perekonomian.

 

Wujudkan wanita mandiri dan berinovasi itulah slogan kelompok wanita tani yang diketuai oleh Waenah. Hasil produk olahan nanas yang sudah dihasilkan meliputi dodol,puding,sale, sabun cuci piring,sirup,permen,manisan,moaci dan wingko nanas, ungkap Crispalina Dwi Okta.

Kelompok Wanita Tani Pondok Nangka Beluk

 

Rusdi selaku kepala Dusun pondok nangka dengan adanya mahasiswa Undip KKN di pondok nangka ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan hadirnya kelompok wanita tani bisa menghasilkan produk olahan buah nanas yang memiliki nilai jual tinggi.

 

Kepala Desa Beluk Yunus Supriyanto memberikan apresiasi kepada KKN Undip kelompok 2 yang sudah ada hasil serta  tantangan hasil produk sudah berjalan, Usaha bisnis berjalan. Jangan sampai disini saja melainkan ada tindak lanjut baik berupa packing dan pemasaran.

 

Konsistensi para kelompok wanita tani untuk berjalan nanti akan banyak bantuan baik berupa alat dari dinas terkait. Masyarakat jangan segan untuk hadir di kantor desa untuk meluapkan uneg-unegnya, Ungkap Kepala Desa.(KH)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar