oleh

Pencanangan Desa Kuta Sebagai Kampung Pancasila, Hidup dengan Nilai-nilai Pancasila 

Pemalang –Program pencanangan Kampung Pancasila di Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang dilaksanakan di Desa Kuta. Pencanangan dilakukan oleh  oleh Camat Bantarbolang Waluyo, S, STp., ditandai dengan pemukulan gong, bertempat di pendopo balai desa Kuta, Kamis (14/3/2022)

Dalam pencangannya Camat didampingi Danramil Bantarbolang Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Mukahir dan Kapolsek Bantarbolang AKP Wahyudi Wibowo, SH, MH., juga dihadiri kepala desa (Kades) Kuta Cahyono beserta perangkatnya, Ketua PAC PP Kec. Bantarbolang Ahmad Sobari, BPD Kuta, Tomas, Toga dan Toda Desa Kuta dan TP PKK Desa Kuta.

Danramil 09/Bantarbolang Kapten Inf Mukahir dalam kesempatan itu mengatakan, dengan berjalannya waktu nilai-nilai Pancasila terus terkikis karena pengaruh budaya barat.

Pencanangan Kampung Pancasila menurut Danramil dilaksanakan guna mengingatkan kembali nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila agar tidak tergerus oleh pola hidup dan pengaruh budaya barat.

Danramil juga berpesan, agar masyarakat selalu menjaga toleransi beragama dilingkungan masyarakat dan meningkatkan kesadaran dan mengimplementasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Sementara Kades Kuta Cahyono menyampaikan, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila merupakan hal baru di desa Kuta tapi pada prinsipnya untuk berperilaku yang tidak bertentangan dengan nilai nilai Pancasila.

Kades juga berharap, kegiatan tidak hanya seremonial saja tetapi berdampak pada nilai nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan harus dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan yang sama baik Camat maupun Kapolsek Bantarbolang senada dengan Danramil, Pencanangan Kampung Pancasila merupakan program Pemerintah yang diinisiasi oleh TNI, sebagai warga NKRI wajib untuk menjaga dasar negara kita Pancasila dari upaya yang ingin mengubahnya, TNI dan Polri akan berdiri di depan apabila ada yang mau mengubah dasar negara kita yaitu Pancasila.

Pada kegiatan pencanangan desa Kuta kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang sebagai Kampung Pancasila diawali peninjauan UMKM dan pelaksanaan vaksinasi.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar