oleh

Pelatihan Penyelamatan di Air, Tingkatkan profesionalisme Satpol-PP Pemalang

Pemalang – Satpol-PP Kabupaten Pemalang dalam rangka meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, pembentukan sikap dan perilaku anggota Satlinmas, serta meningkatkan kemampuan anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas membantu dalam penanggulangan bencana, utamanya bencana banjir dalam rangka mewujudkan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat melaksanakan pelatihan penyelamatan di air.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wib, Minggu (26/9), dihadiri Wakil Bupati Pemalang Wakil Bupati Pemalang, Sekda beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pemalang, Pejabat Struktural di Lingkungan Satpol PP Kabupaten Pemalang. Camat Randudongkal, Kepala Desa beserta segenap jajaran perangkat Desa Kecepit, Para instruktur, Para Undangan dan Peserta Pelatihan.

Kegiatan yang dibuka Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, mengambil lokasi di rainbows rafting dan sungai Comal di Desa Kecepit, Kecamatan Randudongkal, diikuti 35 (tiga puluh lima) orang yang terdiri  30 (tiga puluh) anggota Linmas Inti dan 5 (lima) orang anggota Linmas Desa Kecepit, Kecamatan Randudongkal. Dengan Instruktur dari rainbows rafting dan Pemalang Rescue. Materi pelatihan  meliputi latihan baris berbaris, dan simulasi atau praktek, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Pemilihan Rainbow Rafting sebagai lokasi Pelatihan adalah sebagai media promosi salah satu icon wisata Pemalang yang saat ini kondisinya sedang “mati suri” di saat musim pandemi.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengungkap bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Satpol-PP Kabupaten Pemalang untuk meningkatkan profesionalisme.

“Saya yakin, kegiatan pelatihan yang diselenggarakan merupakan wujud komitmen Satpol PP untuk ikut mengambil peran dalam mendukung peningkatan keterampilan anggota Satlinmas. Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan kegiatan penyelamatan dan penanganan bencana, khususnya pada saat musim hujan atau banjir. Sebagaimana kita ketahui bahwa, keberadaan satlinmas sebenarnya memegang peranan penting. Satlinmas ini menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Hal tersebut karena mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari”, kata bupati.

Baca Juga  Masyarakat Barito Utara Napak Tilas Tumbang Anoi

Mengakhiri sambutannya, Bupati Pemalang meminta kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat khususnya di wilayah masing-masing. (RedG)

  • Penulis : Yanuar S
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed