oleh

Pangkalpinang Menjadi Kota Pertama Kick Off AKI 2023

Pangkal Pinang– Kota Pangkalpinang menjadi kota pertama Kick Off Apresiasi Kreasi Indonesia 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sabtu (3/6/23) di Transmart Kota Pangkalpinang.

Pada AKI 2023 ini, Kota Pangkalpinang menjadi salah kota peserta AKI, yang didatangi Menparekraf RI dari 16 kota se Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, kita akan bergerak ke 16 Kota se Indonesia dalam Apresiasi Kreasi Indonesia, ini akan mewarnai kebangkitan dan menjadi lokomotif kepulihan ekonomi pasca Pandemi COVID-19.

“Pangkalpinang kita pilih sebagai kota pertama Kick Off AKI 2023, dan saya mengapresiasi itu, seperti yang kita lihat bukan hanya UMKM dan ekonomi kreatif Pangkalpinang saja yang ikut serta tapi ada yang dari luar kota, ini menunjukkan ekosistem ekonomi kreatif kita semakin kuat, sebagai bagian dari target pencapaian di tahun 2024 nanti 4,4 juta lapangan pekerjaan baru,” bebernya.

Lanjut Sandiaga, memilih Kota Pangkalpinang sebagai kota pertama Kick Off AKI 2023, karena Pangkalpinang, bukan hanya menonjolkan produk kulinernya sana, namun ada beberapa produk lainnya, seperti fesyen, kriya dan aplikasi.

“Kita memilih Pangkalpinang untuk Kick Off AKI, karena bukan hanya menonjolkan produk kulinernya saja, namun ada beberapa produk lainnya, seperti fesyen yang menampilkan batik Nanowari, dan kriya menjadi bagian 75 % dari subsektor unggulan ekonomi kreatif kita,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk target AKI 2024 mendatang yang menargetkan 4,4 juta lapangan pekerjaan, saat ini prosesnya sudah mencapai 45 persen.

“Di bulan Juni ini kita sudah memasuki periode yang menentukan, untuk persentase nya sudah mencapai 45 %, dan optimis dan yakin target nya terlampaui di tahun 2024 mendatang, diharapkan semuanya terinspirasi, termotivasi, untuk terus berkerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas,” (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar