oleh

Muhammadiyah dan Aisyiyah Penggarutan Akan Bangun Kinerja Kolaboratif dengan Pemdes

Brebes– Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Penggarutan Cabang Bumiayu akan menggelar Musyawarah Ranting (Musyran) secara serentak sebagai event strategis untuk melakukan pergantian pimpinan di Masjid al-Ittihad dan TK ABA Penggarutan, Ahad (7 Robi’ul Akhir 1445 H/22/10/2023 M).

Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Penggarutan yang masuk wilayah Desa Penggarutan akan menggelar Musyawarah Ranting (Musyran) di Masjid al-Ittihad dan TK ABA yang berada di Dukuh Pojok Desa Penggarutan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada hari ahad, 22 Oktober 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional.

Acara Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Penggarutan yang dimulai pada pukul 13.00 berlangsung sangat meriah dihadiri oleh 156 calon pemilih dan puluhan pengembira, dan dibuka langsung oleh Wakil Ketua Bidang Tabligh dan Dakwah Komunitas PCM Bumiayu, Saefudin, S.Pd.I.

Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Penggarutan ini mengambil tema “Gerakan Pencerahan Menuju Penggarutan Berkemajuan”. Tema tersebut merupakan sebuah gambaran agar sinergitas antara Muhammadiyah dan Asiyah dengan Pemerintah terus terjalin dengan baik dengan kinerja kolaboratif yang semakin menguat, ungkap Imam Baihaqy, ST selaku Sekretaris PRM Penggarutan saat diwawancarai oleh tim media.

Wakil Ketua Bidang Tabligh dan Dakwah Komunitas PCM Bumiayu dalam sambutannya menekakan pentingnya kebersamaan dalam membangun organisasi persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Kebersamaan dalam menegmban amanah roda organisasi akan menjadi salah satu piranti agar tugas dan fungsinya berjalan secara baik dan tepat. Oleh karena itu, perlu terus memupuk dan menguatkan jalinan ukhuwah antar pimpinan agar amanah yang diemban dapat dijalankan dengan baik dan menghasilkan karya nyata yang semakin membumi dan mengakar pada semua lapisan masyarakat”, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Penggarutan, Rosi Ibnu Hidayat, S.Kom.I, M.Sos sangat mengapresiasi model gerakan dakwah yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan Aisyiyah Ranting Penggarutan.

Baca Juga  Pelaku Pembuat Arak Kayu Besi, Kecamatan Namang Ditangkap Polres Bateng

“Terima kasih kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah Ranting Penggarutan yang senantiasa membantu Pemerintah Desa Penggarutan dalam program pemberdayaan masyarakat dengan berbagai sumbangan kiprah dan gerakan dakwahnya dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan kesehatan. Lahirnya Klinik, TK ABA dan Masjid serta Mushola yang ada merupakan bukti nyata kiprahnya”, ungkapnya.

“Selamat Bermusyawarah semoga akan menghasilkan para pemimpin yang tangguh, kuat, unggul sehingga mampu melahirkan berbagai program kerja yang semakin memberdayakan dan mencerahkan umat”, ucapnya.
59 peserta Musyran telah berhasil memilih 9 formatur PRM Penggarutan dan 5 formatur PRA. Adapun 9 formatur terpilih dalam Musyran Muhammadiyah Bumiayu adalah Budi Susila, M.Pd (50 Suara), Muhammad Hamdan, S.Pd (46 Suara), Mukhidin (46 Suara), Muhammad Herwanto (46 Suara), H. Abdul Mutholib, M.Pd (44 Suara), Abdul Wahidin (35 Suara), Mahmudin (32 Suara), Junedi (32 Suara), dan Husni Mubarok, ST (32 Suara). Sementara itu, 95 peserta Musyran Aisyiyah Penggarutan berhasil memilih 5 formatur, yakni Aniqotun Najmah, S.Pd (87 Suara), Siti Eviatun Amanah, S.Ag (78 Suara), Istiqomariyah, S.Pd (66 Suara), Pujihana Renistiani Farida S.Pd (52 Suara), dan Wahyu Afiyati, SP (50 Suara), ungkap Muhammad Herwanto selaku Ketua Panitia Pemilihan.
Yang menarik dari terpilihnya 9 formatur tersebut adalah terpihnya tiga ketua RT di wilayah RW II, yaitu Ustadz Junedi (Ketua RT 03), Ustad Mahmudin (Ketua RT 04), dan ustadz Mukhidin (Ketua RT 04), ungkap Budi Susila, M.Pd, peraih suara terbanyak Musyran.

Setelah melewati proses permusyawaratan dengan dinamika-dinamika yang berlangsung selama proses pemilihan, akhirnya 10 formatur PRM Penggarutan sepakat memilih H. Abdul Mutholib, M.Pd sebagai Ketua dan Budi Susila, M.Pd sebagai Sekretaris PRM Penggarutan Periode 2022-2027. Sementara 5 formatur PRA Penggarutan bersepakat mengamanahkan kepemimpinan Aisyiyah Ranting Penggarutan Periode 2022-2027 kepada Aniqotun Najmah, S.Pd sebagai Ketua dan Istiqomariyah, S.Pd sebagai Sekretaris, jelas Ilmam Fikri, S.Kom selaku Sekretaris Panitia Pemilihan.

Baca Juga  Sat Sabhara Polres Babar Patroli Cegah Kejahatan Siang Hari

Tampak hadir dalam acara pembukaan Musyran serentak di lokasi tersebut adalah Pleno PCM dan PCA Bumiayu. Pleno PCM Bumiayu terdiri dari Drs. H. Sukmono (Ketua), Saefudin, S.Pd (Wakil Ketua Bidang Tabligh), H. Sarna, MM.Pd (Wakil Ketua Bidang PKS), dan Emmi Fathunnajah, ST, MBA (Wakil Ketua Bidang MPI). Sedangkan pleno PCA Bumiayu yang hadir adalah Hj Siti Hasanah, S.Pd (Ketua), Siti Eviatun Amanah, S.Ag, S.Pd (Wakil Ketua I), Ani Sofiyati S.Ag (Wakil Ketua II), Dra. Eni Wihayati (Sekretaris I), dan Erni Yuliati Aminah, SE, Akt (Ketua MEK). Hadir juga Kepala Desa Penggarutan (Rosi Ibnu Hidayat, S.Kom.I, M.Sos) serta para kepala AUM (RedG/Tarqum Aziz-MPI PCM Bumiayu).

Komentar

Tinggalkan Komentar