oleh

Jadilah Inspirasi

Penulis : Tri Indarti, S.Pd., M.Pd (Kandidat Doktor, Guru SDN 1 Granting) 

 

Klaten – Jika selama ini kamu juga selalu mencari sumber inspirasi dari orang lain, sekarang, saatnya kamu yang menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Tenang, gak harus menjadi sosok yang terkenal terlebih dulu, untuk bisa menginspirasi orang banyak. Mulailah dari hal-hal sederhana dulu yaitu dengan menerapkan dan melatih percaya diri membuat orang lain, gak lagi meragukanmu dalam berbagai hal. Menumbuhkan sikap percaya diri akan membuat kehidupan yang kamu jalani menjadi lebih berkualitas. Sikap ini juga sangat dibutuhkan untuk berbagai aktivitas formal maupun informal. Kamu akan mampu melakukan banyak hal dengan baik menggunakan kemampuan yang dimiliki. Siapa yang gak tertarik dengan orang yang seperti itu? Sikap percaya diri akan mampu menumbuhkan sikap-sikap lainnya yang lebih positif lagi. Orang yang selalu melakukan hal positif, akan menarik perhatian bagi siapa saja yang ada di sekitarmu. Jadi, jangan ragu lagi untuk melatih diri, agar bisa lebih percaya diri lagi, ya. Orang yang mampu menginspirasi orang lain, tentunya mempunyai kekuatan ekstra. Para  speaker yang menyebutkan diri mereka motivator sekalipun, tidak selamanya mampu mengubah hidup pendengarnya secara signifikan.. Buah pikiran yang dibawa ke mana-mana dan mengalami cobaan kiri kanan ini akan dengan sendirinya menjadi kuat, keras, besar, bergreget bahkan mulia, karena mewarnai seluruh kehidupan pribadi dan pembicaraan-pembicaraan serta sharing kita dalam pergaulan. Orang yang mampu menginspirasi orang lain, juga memberikan gambaran mengenai masa depan yang lebih baik, positif, dan cerah. Orang yang inspiratif mengajak masyarakat untuk menyadari kenyataan, membuka mata lebar-lebar, sekaligus memberi alasan-alasan yang bisa diterima agar tetap optimis. Itu sebabnya kita tidak mungkin berhasil menginspirasi orang lain bila apa yang kita katakan tidak tercermin dalam kehidupan pribadi kita.

Jika kamu ingin menjadi inspirasi bagi banyak orang, maka mulai sekarang belajarlah untuk melatih dan menumbuhkan keberanian dalam diri, ya. Bagi kamu yang selama ini masih sering merasa takut untuk mencoba hal-hal baru, atau merasa takut untuk berpendapat, dan sebagainya. Yuk, mulai beranikan dirimu. Menjadi sosok yang menginspirasi tentu kamu harus memiliki mental berani. Bukan berarti kamu harus menghilangkan rasa takut dalam diri, karena rasa takut juga sesuatu yang sifatnya alami. Namun, belajarlah untuk mengatasi rasa takut tersebut, sehingga dapat muncul keberanian dalam dirimu. Membuat orang tertarik dan menjadikanmu sebagai inspirasinya yaitu, dengan menjadi pribadi yang selalu optimis. Berusahalah untuk yakin dengan berbagai usaha yang sudah kamu lakukan, bahwa itu semua akan berhasil. Sikap optimis ini akan membuatmu semakin menarik dan menyenangkan bagi orang lain. Oleh karena itu, penting banget untuk kamu menerapkan sikap optimis dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik saat bekerja, bermasyarakat, berhubungan asmara, dan kegiatan lainnya. Memiliki sikap optimis akan membuat hubunganmu dengan siapa saja menjadi lebih berkualitas. Jadi, latihlah sikap ini agar kamu semakin terbiasa melakukannya. Bentuklah dirimu menjadi sosok yang selalu memiliki sudut pandang positif dalam melihat dan menilai sesuatu. Orang yang mandiri, pasti akan selalu berusaha melakukan segala hal secara sendiri. Dalam arti, kamu gak suka merepotkan orang lain. Mampu menghadapi segala permasalahan sendiri, membuatmu orang lain semakin kagum padamu. Memiliki sikap mandiri akan membuatmu menjadi sosok yang lebih tegar, kuat dan tangguh.

Baca Juga  Lindungi Anak dari Covid-19

Sikap ini membuat orang lain nyaman berada di dekatmu. Gak semua orang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan atau pekerjaannya secara mandiri. Jika kamu mampu memiliki sikap mandiri, selain akan membuat orang lain menyukaimu. Mereka juga akan menjadikanmu panutan karena bagi mereka kamu adalah sosok ideal yang bisa memberikan inspirasi untuk mampu bersikap yang sama denganmu. Sikap tanggung jawab tentu harus dimiliki oleh siapa saja. Namun, pada kenyataannya, gak semua orang mampu memilikinya. Pribadi yang bertanggung jawab biasanya dia memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dalam dirinya. Sosok pemimpin yang bertanggung jawab, pasti akan mampu menginspirasi orang banyak. Teruslah semangat dalam menanamkan sikap ini. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab, membuat orang lain bisa menaruh kepercayaan kepadamu. Termasuk percaya bahwa kamu bisa menjadi sumber inspirasinya. Orang yang bertanggung jawab pasti akan selalu berusaha menepati janji-janjinya. Jadi, supaya orang bisa terinspirasi darimu, maka jangan lupa untuk mewujudkan sikap ini melalui berbagai tindakan juga, ya. Setiap zaman dan setiap lingkungan selalu memerlukan tokoh penggerak dan inspirator kebajikan. Ibarat menara lampu, tokoh semacam itu akan menerangi jalan-jalan kehidupan dan mengusir kegelapan.

Untuk bisa menginspirasi, hal pertama yang perlu kita pertanyakan pada diri sendiri adalah apakah diri kita terinspirasi oleh pemikiran kita sendiri? Banyak orang lebih sibuk melihat keluar sampai tidak pernah memikirkan apakah ia sendiri mempunyai greget terhadap satu prinsip, visi maupun misi tertentu. Kita bisa berkomitmen untuk hidup sehat, menjalankannya, mempengaruhi orang di sekitar, memberi informasi, menolong orang lain melalui apa yang kita yakini, sehingga akhirnya buah pikiran kita itu benar-benar mewarnai diri kita.Hanya dengan sikap hidup dan prinsip yang keras kita bisa menarik kesimpulan dan memperdalam keyakinan kita. Hidup dengan prinsip itu menyebabkan kita memiliki pengalaman seputar prinsip tersebut, sehingga kita bisa bercerita mengenai hal-hal yang menarik dan bisa dipegang oleh orang di sekitar kita. Setiap orang perlu berstrategi bagaimana memberi input kepada orang di sekitarnya, sambil juga siap menerima masukan, komentar, dan pemikiran mengenai prinsip  yang dikumandangkan. Sekali lagi, guru adalah inspirasi. Maka dari itu, sebagai seorang guru kita harus mengerti bahwa kita tidak hanya mentransfer ilmu-ilmu teori dan praktek saja kepada siswa. Melainkan kita juga harus bisa menjadi sumber inspirasi bagi siswa-siswi kita serta lingkungan sekitar  agar terus berkembang kearah hal yang positif. Wahai Guru, Semangat menginspirasi ! (RedG)

Baca Juga  Memilih Pemimpin yang Amanah

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

1 komentar

  1. Inilah tulisan yg hidup, ruhnya menginspirasi para pembaca, termasuk abah…
    Semoga abah bisa menjadi sosok seperti tulusan ini.
    Salam dari abah Bandung