oleh

MENJAGA KHIDMAT AGAR TETAP BERMARTABAT

OPINI

Oleh : Mohamad Masruri (Sekretaris PC Pergunu Pemalang)

Pemalang – Hari ini bertepatan dengan 1 Mei 2024 atau 22 Syawal 1445 H Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama menggelar Konferensi Cabang XVI, bertempat di Aula PCNU Pemalang Jl. Pemuda No. 49 dengan mengusung tema Memacu kinerja, mengawal kemenangan Pemalang. sebuah agenda lima tahunan yang menandai berakhirnya masa khidmat kepengerusan lima tahun sebelumnya. Konferensi cabang adalah forum permusyawaratan tertinggi di Tingkat cabang.

Sesuai dengan Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama (Perkum NU) hasil Keputusan Konbes NU tahun 2022 pada Bagian Kedua menjelaskan bahwa Forum Permusyawaratan Tingkat Cabang (konfercab) menurut Pasal 14 menyatakan bahwa Konferensi Cabang membicarakan dan menetapkan :

  1. Laporan pertanggungjawaban PCNU yang disampaikan se cara tertulis.
  2. Pokok-pokok program kerja 5 (lima) tahun merujuk kepada pokok-pokok program kerja PWNU dan garis-garis besar program kerja Nahdlatul Ulama.
  3. Hukum atas masalah keagamaan dan kemasyarakatan
  4. Rekomendasi perkumpulan
  5. Ahlul Halli wal ‘Aqdi, dan
  6. Memilih Ketua PCNU.

Konfercab XVI harus mampu menyelesaikan minimal 6 agenda dalam konferensi cabang. Ini adalah tugas berat dan mulia yang disandarkan kepada semua peserta Konfercab XVI. Konfercab adalah bagian dari khimat kita sebagai warga NU untuk terus menjaga nilai-nilai luhur Nahdlatul Ulama, sebagai organisasi suci yang didirikan oleh para ulama, tentu kita semua ingin terus diakui sebagai santrinya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari dengan tetap menjaga dan berkhidmat dibawah panji Nahdlatul Ulama.

Sebagai kader dan warga NU Pemalang tentu kita semua berharap perhelatan Konfercab ini berjalan dengan sukses dan menghasilkan Keputusan-keputusan terbaik untuk kemaslahatan organisasi dan seluruh warga NU di kabupaten Pemalang. Kita sadar bahwa jumlah warga NU di Kabupaten Pemalang sangat mendominasi hal ini tentu menjadi kebanggaan dan sekaligus tantangan bagi pengurus dan seluruh warga NU. Kita mempunyai kwajiban untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan dan kebodohan,  meningikatkan mutu Pendidikan Kesehatan dan kesejahteraan warga NU utamanya dan seluruh masyarakat Kabupapaten Pemalang.

Baca Juga  Be A Better Public Speaker

Konfercab XVI harus mampu menjawab tatangan-tantangan dan dinamika internal eksternal serta berfokus dan berpedoman pada Perkum dan AD/ART NU untuk dapat menjaga Marwah Konfercab. kita tidak ingin Konfercab dikotori dengan praktik-praktik manipulatif dan pragmatis, kita tentu berharap kader-kader terbaik dapat bersama-sama tampil menjadi garda terdepan Nahdlatul Ulama. Kita semua harus tetap  yakin dan percaya para Kyai dan pengurus NU di cabang dan MWC mampu menjaga konfercab agar tetap dinamis dan bermartabat sehingga Keputusan yang dihasilkan dapat di terima semua pihak  dan tentu tidak hanya menjadi ajang ceremonial saja. Masih banyak tugas-tugas pengurus NU kedepan yang harus di selesaikan dalam rangka menjawab tatangan zaman yang semakin menglobal.

Wallahul muwafiq ila aqwamithariq (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar