oleh

Diduga Akibat Puntung Rokok, Hutan Produksi Getah Pinus Terbakar

Wonogiri-Anggota Polsek Jatipurno dalam hal ini Kasi Humas Aiptu Mustafa SA bersama Petugas jaga Briptu Kunkun mendatangi TKP kebakaran hutan pinus. Kebakaran yang melanda kawasan hutan pinus di lereng lawu selatan,tepatnya di Dusun Sendang 01/03 Desa Kembang Kecamatan Jatipurno Kabupaten, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2019) Pagi . Berada di petak 71B,sedikitnya 200 pohon pinus  dengan area tanah 1/4 hektar kawasan hutan produksi getah pinus ini hangus terbakar.

Saksi Wagimin (65) menuturkan bahwa sekita pukul 09.30 Wib saat keluar rumah yang berjarak sekitar 500 meter dari hutan melihat asap membumbung tinggi, kemudian saya mencari bapak  Naryo selaku ketua Rt di rumah Kromo Karto yang saat itu sedang mengelar hajatan mantu.

“Dengan tidak menunda waktu, saya bersama 50 orang berangkat mencari dan menuju sumber asap tersebut, dan setibanya di lokasi hutan tersebut kami melihat api sudah membakar ilalang dan pohon pinus”

Hal ini di benarkan Kepala desa Kembang Suwarno, S,Sos ,dikatakannya “saat kami bersama warga yang lain sedang among tamu di salah satu warga yang punya hajat, tiba tiba saudara Wagimin menghampiri dan mengajak ke sumber asap,” ujarnya.

“Untuk mengantisipasi semakin meluasnya kebakaran, Saya bersama 50 warga berkerja keras memadamkan api. Namun kencangnya tiupan angin dan juga banyaknya tanaman kering, membuat api sulit dipadamkan dengan alat seadanya seperti pelapah pohon aren,” sambungnya.

“Jalan satu-satunya agar api tidak menjalar ke lokasi lain, warga akhirnya membuat ilaran. Yakni memutus jalur api dengan cara membuat parit dan membersihkan daun kering, agar kobaran api tidak menjalar ke lokasi lain dan juga dengan memutus pipa air untuk menyirami agar api tidak meluas akhirnya pada pukul 10.00 WIB api berhasil dipadamkam,” ungkap Suwarno

Baca Juga  Kapolresta Banyumas Cek Posko PPKM Mikro

Kapolsek Jatipurno Iptu Edi Hanranta, SIP mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati SIK ,MSi mengatakan bahwa kebakaran ini diduga api berasal dari ulah pengunjung hutan tersebut yang mana di setiap hari libur sering di kunjungi pemuda untuk berekrasi atau mencari udara segar pegunungan, sumber api yang berada di lapangan bola volly di temukan puntung rokok dan juga 2 tempurung  kelapa yang masih menyala.

“Kebakaran yang terjadi di petak 71B ini telah melalap sekitar 200 pohon pinus yang di ambil getahnya oleh masyarakat setempat  dengan pengelolaan LMDH,akibat kecerobohannya akhirnya api merambat ke tanaman kering di sekitarnya hingga terjadilah kebakaran,” katanya

Dengan adanya kejadian tersebut Kapolsek Jatipurno berharap agar masyarakat berhati hati dan waspada dan juga tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat mengingat saat ini musim kemarau yang panjang sehingga daun kering mudah tersulut api. (Must)

Komentar

Tinggalkan Komentar