oleh

12 Anggota Komponen Cadangan Tiba di Kodim 0711 Pemalang

Dandim Pemalang Beri Arahan Kepada 12 Anggota Komcad
Pemalang – Sebanyak dua belas anggota Komponen Cadangan (Komcad) asal wilayah Kodim 0711/Pemalang disambut Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M. Tr (Han) bertempat di Ruang data Makodim, Senin (11/10/2021).

Sebelumnya kedua belas Komcad mengikuti pendidikan pembentukan di Rindam IV/Diponegoro selama 3 bulan serta pendidikan pembulatan materi/penetapan di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat selama 17 hari.  Kedua belas orang ini merupakan bagian dari 3.103 anggota Komponen Cadangan (Komcad) TNI Matra Darat yang ditetapkam oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Dalam arahannya Dandim menyampaikan, komponen Cadangan ini akan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang serta ancaman hibrida dimana keberadaannya akan semakin memperkokoh sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta dimana pelibatan mereka nantinya bila dibutuhkan di bawah komando Panglima TNI, hanya bisa dinyatakan oleh presiden dengan persetujuan DPR.

“Sebagai komponen cadangan bila negara membutuhkan, karenanya harus tetap siap siaga bila bangsa dan negara membutuhkan,” tegas Dandim.

Selain mempertegas keberadaan mereka, Dandim juga berpesan agar anggota TNI-KC dapat menjaga nama baik kehormatan diri serta dapat berpartisipasi dalam mendukung pembangunan di wilayah.

“Selalu jaga nama baik, gunakan ilmu yang telah didapat untuk turut serta berperan aktif mendukung pembangunan di wilayah,” pesannya.

Adapun dengan pekerjaan mereka anggota TNI-KC, Dandim menegaskan jika mereka setelah selesai menjalani pendidikan kemarin dapat melanjutkan kembali ke profesi semula dan bila ada yang belum bekerja untuk dapat lebih menyiapkan diri agar dapat diterima di lapangan pekerjaan yang ada atau justru kreatif membuka lapangan pekerjaan secara mandiri.

Baca Juga  Lampu Teplok Hanguskan Seisi Rumah

“Bagi yang telah memiliki pekerjaan sebelumnya dapat dilanjutkan kembali, bagi yang belum dapat lebih dipersiapkan lagi dan Kodim melalui Babinsa akan turut membantu mengarahkan bila ada informasi lapangan kerja dan yang terpenting tetap jaga komunikasi intens dengan Kodim 0711/Pemalang,” pungkas Dandim

Adapun 3.103 anggota komponen cadangan yang hari ini ditetapkan terdiri dari Rindam Jaya 500 orang, Rindam III/Siliwangi 500 orang, Rindam IV/Diponegoro 500 orang,, Rindam V/Brawijaya 500 orang, Rindam XII/Tanjungpura 499 orang, dan Universitas Pertahanan 604 orang. (RedG)

 

  • Penulis : Candra
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed