oleh

Tips & Trik Membuat Logo Yang Baik

Penulis: Tim lia s. Associates Branding & Design Agency

 

Logo…. kalian pasti sudah tidak asing dengan kata yang satu ini. Logo bisa Anda lihat di manapun, di samping jalan, di mall, bahkan dari kenyamanan rumah Anda tidak bisa lari dari yang namanya logo lewat electronic devices Anda.

 

Anda pasti tahu pentingnya logo, terutama dalam suatu bisnis. Logo berfungsi sebagai brand identity bisnis Anda, sebagai representasi bisnis Anda. Oleh karena itu, pastinya Anda ingin memastikan logo yang merepresentasikan bisnis Anda bagus kan? Nah ayo kita simak bersama bagaimana sih cara membuat logo yang bagus!

 

Pertama sebelum kita lompat ke cara membuat logo yang baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan logo yang baik. Logo yang baik harus:

  • Menarik perhatian.
  • Abadi (timeless).
  • Menggambarkan brand

 

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri logo yang baik, mari kita bahas bagaimana sih cara membuat logo yang baik!

  1. A picture paints a thousand words.

Logo adalah representasi visual dari brand Anda. Dari logo, Anda bisa mengkomunikasikan identitas brand Anda. Gunakan ikon yang simpel untuk dalam pembuatan logo Anda, karena logo yang terlalu berlebih bisa membingungkan siapa pun yang melihat logo Anda.

  1. Jagalah kerapian logo Anda.

Pastikan logo Anda dapat dilihat dan dibaca dengan mudah dari jarak apapun. Hal ini dapat dipastikan dengan menjaga agar logo Anda tidak terlalu berlebihan dan ramai. Logo yang minimalis dan bersih dapat membuat logo Anda menonjol dalam situasi apapun.

  1. Perhatikan penggunaan font.

Font serif dapat memproyeksikan rasa tradisi dan kehormatan, sementara font sans serif terasa lebih fresh dan ramah. Font skrip menawarkan keindahan tulisan tangan, sedangkan font modern bersifat futuristik. Tiap font dapat memberikan kesan yang berbeda jadi pastikan font yang Anda gunakan dalam logo dapat mencerminkan brand Anda.

  1. Pemilihan warna yang tepat.
Baca Juga  Catatan Akhir Tahun 2022, Persatuan Wartawan Indonesia 

Sama halnya dengan font, warna juga merupakan hal penting dalam penyampaian pesan brand. Contohnya warna hijau sering mengomunikasikan ide kesegaran, kesehatan, dan naturalness, biru bisa mengkomunikasikan kualitas yang clean, tenang, dapat dipercaya, aman, dan dapat diandalkan.

  1. Pemilihan bentuk logo yang tepat.

Seperti halnya font dan warna, bentuk juga dapat mengantarkan persepsi dan emosi yang berbeda. Contohnya bentuk bulat yang memproyeksikan pesan emosional yang positif, muda, feminin, menyenangkan dan juga menunjukkan stabilitas dan daya tahan. Contoh lain adalah garis lurus yang vertikal dapat dikaitkan dengan maskulinitas, kekuatan dan agresi. Sedangkan garis horizontal, dapat dikaitkan dengan stabilitas dan ketenangan.

  1. Jangan takut meminta feedback.

Saat Anda sudah menyelesaikan logo Anda, mintalah feedback untuk mengetahui pendapat orang lain terhadap logo Anda. Feedback yang didapat dapat membantu Anda mendapati pendapat dari pihak netral. Dari situ Anda dapat melakukan revisi untuk memastikan Anda mendapat versi terbaik dari logo Anda

 

Setiap brand besar dimulai dari yang kecil. Membuat logo Anda sendiri mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi sekarang, dengan pengetahuan lebih tentang tips dan trik pembuatan logo yang baik, semoga Anda lebih siap untuk membuat logo Anda dengan percaya diri.

 

Ingin cari tahu lebih lengkap mengenai topik serupa? Yuk, tonton WHITESPACE di Youtube & IG TV lia s. Associates @liasidik! (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar