Wonogiri- Batituud Koramil 24/Puhpelem Pelda Bambang hadir mewakili Danramil Kapten Inf Tono dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasif yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Puhpelem, Rabu(13/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Puhpelem Jaiman, Danramil 24/Puhpelem yang diwakili oleh Batituud Pelda Bambang, Kapolsek Puhpelem Iptu Karjo, Ketua Bawaslu Ali Mahbub dan tamu undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Ali Mahbub saat memberikan sambutan menyampaikan agar secara bersama-sama warga masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi proses Pemilu supaya berjalan aman dan kondusif sekaligus menghimbau agar berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 besok.

“Untuk umur dibawah 17 tahun di larang memilih dan supaya diadakan pengecekan kepada warga yang sudah memiliki hak pilih. Pengawasan pada saat proses pemilu menjadi tanggung jawab kita bersama, apa yang menjadi kehendak rakyat tidak boleh dipaksakan atau dipengaruhi dengan money politik. Dengan dilaksanakannya pemilihan secara umum yang berdaulat untuk rakyat menentukan pemimpinnya,” katanya.

Ali menjelaskan masyarakat sebagai pengontrol pelanggaran pada Pemilu, untuk pelaksanaan kampanye agar supaya melakukan perijinan terlebih dahulu dengan pihak kepolisian, apabila ditemukan tidak memiliki ijin namun masih melaksanakan kampanye akan mendapatkan sanksi dari Bawaslu.

“Kalau kedapatan ada caleg memberikan money politic, warga harus di tanya untuk pelakunya siapa, berikut barang-barang apa saja yang di berikan dan harus jelas memberikan infomasi ke Panwaslu. Yang terakhir tidak diperbokehkan memasang baliho caleg atau alat peraga kampanye di perkantoran kecamatan, polsek maupun koramil, diperbolehkan tapi dengan jarak 200 meter dari tempat-tempat tersebut,” bebernya.

Pelda Bambang menambahkan agar secara bersama-sama warga masyarakat menjaga dan menciptakan pesta demokrasi yang aman, damai dan kondusif.

“Berbeda pilihan wajar akan tetapi tetap jaga kerukunan,” tutupnya. ( RedG )

Tinggalkan Komentar