oleh

Membangun Semangat Kewirausahaan di SMPN 4 Tegal Melalui Kegiatan Profil Pancasila: Telur Asin Sebagai Wujud Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

 Tegal – Di tengah semangat pembangunan bangsa yang mengedepankan kemandirian ekonomi serta nilai-nilai luhur Pancasila, SMPN 4 Tegal menggelar sebuah kegiatan profil Pancasila dengan tema yang menarik: “Wirausaha Telur Asin”. Kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai dasar Pancasila kepada para siswa, tetapi juga untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan pelajar, khususnya dalam industri pengolahan telur asin yang memiliki potensi ekonomi yang besar.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan sikap kewirausahaan pada generasi muda. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata dari upaya sekolah untuk mengajak siswa-siswa terlibat dalam kegiatan positif yang berdampak langsung pada pembangunan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini dimulai dengan sesi pembekalan tentang nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Para siswa diajak untuk memahami secara mendalam tentang lima sila Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Melalui diskusi dan ceramah, siswa-siswa diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang betapa pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berwirausaha.

Setelah mendapatkan pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai Pancasila, para siswa kemudian diajak untuk mengeksplorasi potensi ekonomi dari industri telur asin. Para ahli dan praktisi industri memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses produksi telur asin, teknik pengolahan yang tepat, serta strategi pemasaran yang efektif. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses produksi telur asin di salah satu unit pengolahan telur asin lokal.

Selain itu, kegiatan ini juga mengadakan lomba-lomba yang menguji kreativitas dan keterampilan siswa dalam berwirausaha telur asin. Lomba desain kemasan, lomba kreasi olahan telur asin, serta lomba perencanaan bisnis menjadi ajang bagi siswa-siswa untuk menampilkan ide-ide kreatif mereka dalam mengembangkan produk-produk berbasis telur asin. Ini tidak hanya menjadi sarana untuk mengasah keterampilan berwirausaha, tetapi juga untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berkolaborasi di antara siswa.

Baca Juga  Yayasan Jamaah Pasrah Santuni Ratusan Yatim dan Dhuafa

Selain itu, kegiatan ini juga mengedepankan nilai-nilai etika bisnis yang berlandaskan Pancasila. Para siswa diajak untuk memahami pentingnya menjalankan bisnis dengan jujur, adil, dan bertanggung jawab, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam setiap interaksi bisnis mereka. Ini penting untuk memastikan bahwa para siswa tidak hanya berhasil dalam berwirausaha, tetapi juga tetap menjaga integritas dan moralitas dalam setiap tindakan mereka.

Melalui kegiatan profil Pancasila dengan tema “Wirausaha Telur Asin” ini, SMPN 4 Tegal berhasil menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa-siswanya untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka sambil tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Ini adalah langkah konkret menuju pembentukan generasi muda yang memiliki semangat berwirausaha, berintegritas, dan bertanggung jawab, sesuai dengan cita-cita Pancasila untuk menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang menginspirasi siswa-siswa untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. (RedG/Florensiana Dara/NIM : 1923780014/kelas : PPG UPS Prajabatan IPA A)

Komentar

Tinggalkan Komentar