oleh

Lestarikan Budaya Jawa yang Hampir Punah

Sukoharjo- Pos kamling Kampung Madyorejo RT 01/RW VII malam ini, Sabtu (11/8/18) malam telah berlangsung lomba Mocopat.

 

Memang kebudayaan Jawa di era saat ini boleh dibilang punah khususnya dikalangan masyarakat perkotaan, guna ikut melestarikan budaya Jawa tersebut, panitia peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukoharjo ke-72 sekaligus Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, Daffa telah berkomitmen untuk meramaikan peringatan tersebut dengan berbagai kegiatan.

Gerakan K3 langkah awal yang dilaksanakan, berlanjut hingga kegiatan lomba diantaranya lomba tingkat anak, dewasa dan ibu-ibu, khususnya malam ini telah berlangsung lomba Mocopat dengan peserta umum mulai dari anak-anak, pemuda dan dewasa dengan peserta laki-laki dan perempuan.

Ketua seksi lomba Suwarno Sukeng, menjelaskan bahwa materi lomba kali ini Mocopat dengan cakupan Pucung sebagai lagu yang harus dialunkan, sedangkan untuk lagu pilihan seperti, Asmorondono, Pangkur, Dandang gulo, Sinom dan Kinanti.

Ketua RT 01/VII Madyorejo, Rudi Setyohadi menyampaikan bahwa, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sukoharjo ke 72 dan HUT ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018, selain itu juga bertujuan untuk nguri-uri kebudayaan Jawa, sehingga tidak musnah tanpa bekas khususnya dikalangan generasi muda.

Mudjiman mantan ketua RT 01/ RW VII juga selaku dewan juri menyampaikan, bahwa sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena masih banyaknya peminat untuk mengikutinya.

“Itu pertanda bahwa kalangan warga mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua tidak pandang usia, 35 pendaftar hadir 26, semua masih mau nguri-uri lelagon Jawa ( Mocopat) hasil kemenangan diumumkan dikemudian sewaktu tirakatan,” katanya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar