oleh

Kapal Kemanusiaan Siap Berlayar Untuk Kalsel dan Sulbar

Sragen - Awal tahun 2021 Indonesia dirundung bencana. Ditengah kondisi pandemi dan pembatasan yang dilakukan di banyak daerah di Indonesia, bencana alam datang silih berganti. Mulai dari banjir di Kalimantan, erupsi Gunung Merapi dan Semeru, longsor di Sumedang, Gempa di Sulawesi Barat. Serta Bencana alam lainnya dibeberapa lokasi di Indonesia. Cuaca yang tak menentu berdampak adanya banjir dan tanah longsor di beberapa daerah tertentu di Indonesia.

Guna membantu saudara sebangsa yang terlanda musibah banjir dan gempa bumi, yang terjadi di Kalimantan dan Sulawesi Barat. Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap atau yang lebih sering disebut ACT berencana memberangkatkan kapal kemanusiaan yang berisi bantuan logistik untuk para pengungsi. Logistik yang didapat berasal dari kedermawanan masyarakat Indonesia.

Kantor cabang Aksi Cepat Tanggap yang ada di seluruh Indonesia digunakan sebagai posko lumbung peduli bagi masyarakat. Bukan hanya itu saja, terdapat pula posko-posko pendukung lainnya. Posko-posko pendukung ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah mengantarkan bantuan logistik.

Bantuan logistik yang dibutuhkan untuk pengungsi seperti beras, tepung, gula, garam, minyak, selimut, obat-obatan serta bantuan darurat lainnya. Kebutuhan pangan menjadi kebutuhan yang penting bagi para pengungsi. Hal ini dibenarkan oleh Branch Manager ACT Kab Sragen, M.Luthfi Alhuda.

“Di fase tanggap darurat kebutuhan pangan menjadi kebutuhan yang paling penting lantaran susahnya mencari kebutuhan pangan di tengah pengungsian, sehingga bantuan dari sahabat dermawan semua sangat berarti bagi saudara kita yang terkena bencana,” tuturnya.

Untuk mendukung dan menyukseskan program kapal kemanusiaan ACT Sragen bergerak bersama MRI Sragen dan komunitas lokal lainnya saling bantu membantu mengumpulkan logistik dari masyarakat sekitar.  Nantinya logistik-logistik ini akan diberangkatkan menuju pelabuhan. Teruntuk daerah yang berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY maka pemberangkatannya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Baca Juga  INISNU Temanggung Buka Lowongan Dosen

Kapal kemanusiaan tahap 1 ini nantinya ditargetkan akan membawa total 1.000 ton bantuan logistik yang nantinya dikirim ke posko Induk ACT di Mamuju, Sulbar dan Posko Induk Banjarmasin, Kalsel. Masih tersedia beberapa waktu sebelum pemberangkatan Kapal Kemanusiaan tahap 1 ini ACT Sragen, masih menerima pengumpulan bantuan logistik di Jl Raya Masaran Jirapan, No 06 RT. 26, Kebayan 3, Masaran, Kec Masaran, Kab Sragen Jawa Tengah.

Kabar terkini tentang kondisi di lokasi bencana akan terus diupdate secara berkala melalui media social ACT Sragen, (Instagram @act_sragen dan Facebook Aksi Cepat Tanggap Sragen) serta dimedia masa. Harapannya agar masyarakat di Sragen dan sekitarnya dapat mengambil bagian membantu saudara kita yang terdampak bencana. (RedG/Atika Damayanti)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar