oleh

Angka Pengangguran di Bangka Tengah Turun

Koba — Tahun 2023 angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, turun sebesar 0,11 persen dibanding tahun 2022.

“Pengangguran terbuka pada 2023 tercatat sebesar 3,88 persen atau turun sebesar 0,11 persen dibanding 2022 sebesar 3,99 persen.

“Angka pengangguran terbuka terus menunjukkan grafik menurun setiap tahun karena program pelatihan dan keterampilan berjalan secara efektif sehingga banyak yang sudah terserap di dunia kerja,” ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Selasa 23 April 2024.

Ia menjelaskan, beberapa sektor yang banyak menyerap tenaga kerja yaitu usaha udang vaname, industri kreatif UMKM, industri pertanian dan perkebunan, serta usaha pertambangan bijih timah.

“Berdasarkan struktur ketenagakerjaan, penduduk usia kerja di Bangka Tengah, sebanyak 154.967 orang dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 108.632 orang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah Wiwik Susanti mengatakan warga terserap dunia kerja apabila memiliki pekerjaan dan berpenghasilan.

“Apapun pekerjaannya kalau seseorang itu mempunyai penghasilan baik tetap maupun tidak tetap, maka dia tidak masuk dalam kategori pengangguran,” ujarnya.

Ia menjelaskan, klasifikasi pengangguran di Bangka Tengah dengan pendidikan SMA, S1, dan baru lulus kuliah atau pencari kerja aktif.

“Usaha yang efektif untuk menekan angka pengangguran terbuka yaitu usaha budi daya perikanan, termasuk usaha udang vaname yang membutuhkan banyak tenaga kerja,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar