oleh

5 Ribu Nakes Divaksinasi Covid-19, Wamenkes Jadikan Surabaya Percontohan Daerah Lain

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya menggelar vaksinasi massal untuk tenaga kesehatan (Nakes), di Graha YKP Jl. Medokan Asri Utara Surabaya, Minggu (31/1/2021).

Vaksinasi massal tidak hanya digelar di Graha YKP, namun juga secara serentak dilakukan di 53 RS dan 69 Puskesmas di Kota Surabaya.

Vaksinasi massal di Graha YKP Kota Surabaya ini dihadiri langsung Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono, dan juga Plt Dirjen P2P Kemenkes Dr. Maxi Rein Rondonuwu.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, vaksinasi massal tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes)  karena mereka adalah garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19.

“Namun bukan hanya itu saja dan hanya untuk kepentingan individu tapi ini untuk kepentingan bersama, “ungkap Wamenkes Dante.

Ia juga menambahkan saat ini Indonesia dan negara-negara di dunia sedang menghadapi perang dunia ketiga. Namun musuh yang dihadapi adalah virus Covid-19.

“Berbagai strategi kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,  salah satunya dengan vaksinasi,” tambahnya.

Wamenkes juga menegaskan, tujian akhir vaksinasi adalah menciptakan Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

Terkait pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Surabaya ini menurutnya akan dijadikan percontohan bagi kab/kota lainnya, yang juga baru melaksanakan vaksinasi tahap pertama.

Sementara itu Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menambahkan,  vaksinasi massal hari ini ditujukan kepada lima ribu nakes di Surabaya.

“Ini sebagai upaya percepatan agar hari ini tuntas mencapai 100 persen nakes dari total 31 ribu nakes di Surabaya,” kata Whisnu.

Vaksinasi massal Nakes di di Graha YKP Surabaya (Foto: Beatrix)

Meskipun pelaksanaan vaksinasi diikuti ribuan nakes, namun Whisnu memastikan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Baca Juga  Ratusan Personil Polda Jambi Dijadikan Tracer dan Vaksinator Covid-19

Salah seorang tenaga kesehatan di Kota Surabaya Dr. Prafa Alif Rahman, yang ikut vaksinasi massal mengatakan program ini penting bagi mereka pejuang di dunia kesehatan.

“Kami kan front line,  jadi penting dapatkan vaksin. Kami juga berkaca dari pengalaman pandemi di Eropa beberapa waktu lalu.  Meski ini tidak sebesar pandemi tersebut namun kita tetap harus waspada, “katanya.

Adapun target pemerintah secara nasional adalah 1,4 juta nakes mendapatkan vaksinasi.

“Sampai hari ini ada sebanyak 593.372 nakes atau 39,5 persen uang sudah mendapatkan vaksin, “pungkas Dante. (RedG/bee)

Komentar

Tinggalkan Komentar