oleh

Sudahi Polemik Beras Mapan, dengan Kembali Beli Beras Sendiri-sendiri

Pemalang – Polemik penjualan beras oleh PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang (Perseroda) masih berlangsung. Banyak yang kontra dengan berbagai keluhan dan permasalahan yang timbul di lapangan. Ketua Fraksi PKS, Solichin S.Ag meminta ke semua masyarakat dan stakeholder terkait untuk menyudahi polemik beras bermerk Mapan yang dijual dan didistribusikan oleh PT. Aneka Usaha.

Menurutnya polemik beras Mapan agar tidak berlarut-larut maka transparansi mutlak diperlukan. Dia setuju bila tujuannya untuk beras petani, dan meningkatkan taraf hidup petani.

“Kalau tujuannya untuk menyerap beras petani, dan untuk meningkatkan taraf hidup petani, saya setuju sekali. Tapi apakah ada jaminan beras seharga Rp12.500 yang dijual PT. Aneka Usaha benar-benar langsung dibeli dari petani?” Kata Solichin, Sabtu (15/1).

Solichin perlu mempertanyakan asal beras yang saat ini diedarkan oleh PT. Aneka Usaha. Sedangkan solusi lain yang dikemukakan adalah PNS dan pegawai BUMD membeli langsung ke ricemill atau toko di daerah masing-masing.

“Dengan harga Rp 9500-10000 insya Allah sudah mendapatkan beras kwalitas bagus.” jelasnya

Untuk diketahui, keputusan sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Nomor 188.4 / 44 / Tahun 2021 tentang
petunjuk pelaksanaan gerakan beli beras petani pemalang bagi pegawai
negeri sipil dan pegawai badan usaha milik daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Pemalang yang ditanda tangani pada 27 Desember 2021. Merupakan tindak lanjut dari Instruksi Bupati Pemalang Nomor 22 Tahun 2021 tentang Gerakan Beli Beras Petani Pemalang Bagi Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Badan Usaha Milik Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang (Perseroda) yang merupakan BUMD menjual beras kualitas Premium dengan harga Rp. 12.500 per kg kepada PNS golongan III kebawah sebanyak 10 kilogram, pegawai BUMD 10 kilogram, kemudian PNS golongan III ke atas dan direksi BUMD sebanyak 20 kilogram. (RedG)

Baca Juga  Gerai Oleh-oleh PKK Melati Dorong UMKM Pemalang Berjaya

Penulis : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar