Petugas kesehatan memeriksa swab penumpang kapal yang datang dari Singapura di pelabuhan internasional Batam Centre f Tengku bayu

Batam – Saat ini dalam sehari ada belasan orang yang melakukan perjalanan Travel Corridor Arrangement (TCA) dari Batam ke Singapura atau sebaliknya. Batam dipercaya sebagai pintu masuk perjalanan TCA melalui jalur laut ke Singapura.

Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum, dibukanya TCA sejak bulan kemarin, memancing negara Asia lainnya khususnya di Asia Tenggara. Sejak pandemi Covid-19 tingkat investasi dan juga perekonomian dunia mengalami penurunan drastis.

“Kalau di negara Asia, khususnya Asia Tenggara buka perjalanan TCA sangat bagus. Ini membawa angin segar buat investasi, dan ini harus didudukan bersama,” kata Syamsul, Rabu (18/11/2020).

Kata Syamsul, tidak semua orang bisa bebas keluar masuk Batam-Singapura dan sebaliknya. Mereka yang diberikan kebebasan ialah pelaku bisnis, diplomat dan juga kunjungan kerja yang dilengkapi dengan dokumen serta protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk bisnis ada jaminan baik di Batam maupun di Singapura, hasil swab maksimal 3 hari sebelum berangkat dan masih banyak dokumen yang harus dilengkapi lagi,” ujarnya.

Batam dipercaya sebagai pintu masuk melalui jalur laut untuk Indonesia, untuk itu pemerintah kota Batam yang bekerjasama dengan pelabuhan internasional Batam Centre telah melengkapi fasilitas kesehatan sesuai dengan standar internasional.

“Kami juga sudah mendatangkan laboraturium dari Indofarma,” ujarnya.(regG/Bayu)

Tinggalkan Komentar