oleh

Masihkah Komunikasi Efektif yang Humanis Diperlukan ?

OPINI

Penulis : Drs. Nugroho Budi Rahardjo, M.M.

 

Pemalang – Menurut KBBI, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Hal ini juga berarti hubungan atau kontak. Sekarang ini, tujuan komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan media.

Komunikasi adalah suatu kegiatan yang penting dilakukan oleh manusia sebagai syarat terjalinnya hubungan sosial guna bertahan hidup dalam kehidupan. Tak hanya manusia, hewan juga berkomunikasi dengan sesama spesiesnya menggunakan cara komunikasi tersendiri.

Dalam berkomunikasi, perlu adanya cara bagaimana agar komunikasi ini efektif dan humanis.

Berbicara komunikasi efektif yang humanis, sesungguhnya terangkum adanya sebuah komunikasi yang direncanakan dengan menggunakan berbagai media dan menggunakan pesan-pesan yang disusun serta komunikasi yang berorientasi pada penerima pesan sebagai subyek subyek, bukan obyek. Warga sebagai penerima pesan hanya menjadi obyek dari pelaksanaan kebijakan, bukan menjadikan warga sebagai subyek PPKM Darurat.

Barangkali dalam teori komunikasi diperlukan komunikasi dialogis sebanding sama-sama subyek, bukan sebaliknya menggunakan ‘teori tolak peluru’ yang cenderung satu arah.

Dalam pemposisian penyampai pesan sebagai obyek, kemasan dalam ragam apapun akan sangat kecil tingkat keberhasilan dan penerimaan pesan.
Dalam situasi kemelut seperti ini, dengan melubernya pesan-pesan/informasi, kesimpangsiuran/ketidakpastian pesan-pesan ketidaktenangan psikologis penerima pesan, maka paling tidak masih diperlukan komunikasi efektif yang humanis dibandingkan pesan-pesan yang ‘dogmatis’.

Melalui komunikasi efektif yang humanis, bukan saja kesepahaman antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan akan tercapai, melainkan juga terbangun kesepahaman antar warga (masyarakat). Pada gilirannya akan terwujud sikap dan perilaku saling memahami, saling membantu dlm mengatasi kesulitan serta memerangi bersama pandemi covid-19 ini.
Semoga (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed