oleh

KLB CPP, Jadi Tempat Silaturahmi Warga Purworejo di Perantauan

Jakarta – Cah Purworejo Perantauan (CPP) menggelar Kopdar Luar Biasa (KLB) di Bumi Perkemahan Ragunan di Jakarta Selatan. Kopdar dihadiri sejumlah komunitas asal Kabupaten Purworejo.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Pakuwojo (Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo) Rendra Kusuma Wijaya, Lurah CPP hingga Pembina CPP Romadi Abdul Kohar dan sejumlah ketua komunitas asal Purworejo.

KLB CPP dimeriahkan dengan bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga tari tradisional asal Purworejo yakni tari ndolalak. Masyarakat Purworejo di perantauan dari Jabodetabek datang memadati arena panggung.

Pembina CPP Romadi Abdul Kohar menuturkan, pelaksanaan KLB CPP menjadi wadah silaturahmi warga Purworejo di perantauan. Khususnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

“CPP terakhir melakukan Kopdar Akbar 2015 lalu di Purworejo,” ujar Romadi Abdul Kohar di sela-sela KLB CPP di Jakarta, Minggu (8/10/2023).

Menurut dia, dengan semangat Kopdar menjadi tempat komunikasi dan kerjasama CPP di perantauan. Dan, harapannya bisa berkontribusi pada pembangunan Kabupaten Purworejo

“Kami ingin Kopdar bisa dilakukan setahun sekali. Dan kami di Pakuwojo (Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo) tengah menyiapkan sekretariat bersama (Sekber),” katanya.

“Dari Sekber nanti bisa menjadi wadah silaturahmi warga Purworejo di perantauan dari berbagai komunitas,” imbuhnya.

Ia mengaku, dengan Sekber tersebut bisa menggerakkan komunitas-komunitas warga Purworejo di perantauan. Sehingga menggelar Kopdar yang lebih meriah.

“Belum lama ini kita melihat Kopdar warga Kebumen yang luar biasa. Dan, yakin bisa,” ungkapnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, Kabupaten Purworejo dekat dengan bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Hal itu menjadi potensi untuk menumbuhkan perekonomian di Purworejo.

“Kita putera Purworejo punya peluang. Dengan membuka usaha dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga  Refleksi 5 Tahun UU Desa: Urgensi Penyederhanaan Pelaksanaan UU Desa

Apalagi, lanjut dia, Purworejo dalam waktu dekat akan dilintasi jalan tol Cilacap-Yogyakarta. Tentu itu memberi kemudahan di bidang transportasi.

“Ke depan Purworejo bisa menjadi kota maju, yang bisa menyediakan lapangan kerja. Sehingga kita tidak harus merantau lagi untuk mencari pekerjaan,” katanya.(RedG/A. Kamal)

Komentar

Tinggalkan Komentar