oleh

Belajar Daring Secara Efektif dan Efisien Selama Pandemi COVID 19

Penulis : Rita Setyosari, S.Pd (Guru SMK Muhammadiyah 1 Keling, Kabupaten Jepara)

 

Jepara – Badan kesehatan dunia WHO menetapkan menyatakan  Virus  Covid-19 merupakan Pandemi. Menghadapi masalah ini, Indonesia harus menangani dengan baik, seperti saat menghadapi pandemi flu burung. Hal  yang dapat melalui prevent, detect and respond.

Berbagai upaya pemerintah dalam menangani virus corona ini terbilang all out, semua dana, daya dan upaya telah dilakukan. Dampak pemberlakuan kebijakannya pun sangat dirasakan oleh masyarakat. Termasuk di dunia pendidikan.

Sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona,  pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah  memberlakukan pembelajaran dalam jaringan (Daring). Sejak  16 Maret 2020 sampai sekarang sekolah menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring. Lalu, efektifkah pembelajaran daring ini?

Pembelajaran “daring” sebagai pilihan tunggal dalam kondisi pencegahan penyebaran covid 19 memberi warna khusus pada masa perjuangan melawan virus ini. Bahkan bentuk pembelajaran ini juga dapat dimaknai pembatasan akses pendidikan. Pendidikan yang lumrah berlangsung dengan interaksi langsung antar unsur (pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik) beralih menjadi pembelajaran interaksi tidak langsung. Pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun tidak dalam rangka pembatasan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Selama lebih dari enam belas bulan lamanya, siswa terpaksa harus menjalankan pembelajaran daring akibat pandemi corona. Dengan adanya pandemi ini membuat beberapa siswa mengeluh karena merasa pembelajaran daring kurang efektif. Banyak gangguan yang membuat proses belajar mereka tidak maksimal. Lalu bagaimana cara belajar agar lebih efektif yang dapat diterapkan saat pandemi ini?

Baca Juga  Sugiarti SH Turut Sampaikan Selamat Hari Jadi Kabupaten Pemalang Ke 447 Tahun

Berikut Enam cara belajar efektif selama belajar di rumah agar tidak membosankan yang dapat anda coba.

  1. Memodifikasi ruang belajar

Melansir dari laman resmi Washington University, penting untuk memisahkan ruang belajar dengan ruang rekreasi.  Usahakan tempat belajar dengan kamar tidur terpisah. Hal ini bisa meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur. hasilnya, belajar Anda bisa lebih efektif karena minim gangguan. Memisah ruang belajar juga bisa memaksimalkan istirahat pelajar. Saat istirahat mereka tidak akan terbayang-bayang tumpukan buku dan tugas di meja belajar.

  1. Manajemen waktu

Kita harus pandai mengatur manajemen waktu dengan baik: membuat jadwal dengan menuliskan apa saja yang harus dikerjakan dalam satu hari. Mempunyai target yang harus dicapai.

  1. Anggap seperti sekolah luring

Buat rutinitas seperti saat sedang sekolah secara offline atau luring. Bangun pagi sesuai jadwal biasanya, mandi, lalu jangan lupa sarapan.  Cara ini bisa memaksimalkan belajar agar lebih efektif. Secara tidak langsung otak dan tubuh akan menganggap pembelajaran daring seperti tatap muka.

  1. Tidak menunda-nunda waktu belajar

kita mesti punya jadwal yang konsisten,  Jadwal dan target yang telah kita susun berguna agar kita tidak menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Jadi, penting agar kita tetap dan terus mengerjakan apa-apa yang harus dituntaskan.

  1. Menjaga kesehatan

Menjaga kualitas tidur yang baik, dan hidup sehat berolaharga sangat membantu dalam mengoptimalkan jadwal belajar mandiri di masa pandemi dan makan makanan yang bergizi.

  1. Tetap bersosialisasi

Otak juga butuh refershing agar belajar bisa lebih efektif. Selama pandemi memang aktivitas di luar dibatasi agar meminimalisir penularan Covid-19.  Namun demikian, komunikasi tetap harus terjaga. Sempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman Anda.(RedG)

Baca Juga  UPC Tirta Mulia Pemalang Langsung Perbaikan Pipa Bocor

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed