oleh

Muhammadiyah Baruamba Dinamis dan Berkemajuan

Brebes– Bendahara PCM Bumiayu, H.Imam Sairi, S.Pd.I resmi membuka acara Musyran Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Baruamba di MTs Muhammadiyah Baruamba, Ahad (21 Robiul Akhir 1445 H/5/11/2023 M).

Bendahara PCM Bumiayu, H. Imam Sairi, S.Pd,I yang memberikan sambutan sekaligus membuka Musyawarah Ranting Muhammadiyah Baruamba yang juga berada di wilayah Desa Adisana menegaskan pentingnya komunikasi aktif PRM-PRA dengan Pemerintah Desa dan ormas lainnya guna memperkuat eksistensi gerakan dakwah Ranting Baruamba.

“Baruamba merupakan salah satu ranting di wilayah PCM-PCA Bumiayu yang serasa Cabang karena amal usahanya yang lengkap, SDMnya unggul, dan syiar dakwahnya mengakar ke lapisan bawah. Desa Adisana adalah salah satu Desa di wilayah Muhammadiyah cabang Bumiayu yang memiliki 6 Pimpinan Ranting yang sangat luar biasa. Inilah Salah satu Desa berkemajuan terbesar secara Nasional yang membawa Muhammadiyah sebagai gerakan Islam Rahmatan lil ‘alamin dan terbesar di Indonesia. Mari kita jadikan Ranting sebagai center peradaban dan pergerakan dakwah berkemajuan yang bagus dalam manajemen, aksi dakwah dan aksi pemberdayaan umat dengan iringan akhlak mulia dan skill yang mumpuni”, tegas Anggota DPRD Kabupaten Brebes.

Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Baruamba menggelar Musyran di MTs Muhammadiyah Baruamba Desa Adisana yang mulai pada pukul 09.00 hingga pukul 16.30 WIB. Acara tersebut dibuka oleh Bendahara PCM Bumiayu, H.Imam Sairi, S.Pd.I.

Peserta Musyran telah berhasil memilih 9 formatur PRM Baruamba dengan urutan: Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd (73 Suara), H. Abdul Aziz, M.Pd (69 Suara), Slamet, M.Pd (68 Suara), Aminudin (65 Suara), A.P. Sriyono (64 Suara), Edi Mulyono (60 Suara), Abdul Wahid (59 Suara), Uhya Udin (59 Suara), dan Kastubi (57 Suara). Sedangkan 5 formatur yang terpilih dalam Musyran Aisyiyah adalah Elok Faiqoh, S.Pd (91 Suara), Hj.Faizah (86 suara), Fidoyati (79 suara), Yulis Arifiyati (50 suara) dan Masitoh (44 suara), ungkap Hasby Ash-Shidiqy, S.Gz selaku Ketua Panitia Pemilihan.

Baca Juga  SPN Polda Jambi Berduka

Setelah melalu proses perdebatan yang cukup alot dan panjang, akhirnya kepemimpinan Muhammadiyah Ranting Baruamba periode 2022-2027 diamanahkan kepada Abdul Wahid sebagai Ketua didampingi oleh Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd sebagai sekretaris dan Slamet, M.Pd sebagai Bendahara. Sementara itu, kepemimpinan Ranting Aisyiyah diamanahkan kepada Elok Faiqoh, S.Pd sebagai ketua didampingi oleh Yulis Arifiyati sebagai sekretaris dan Fidoyati sebagai Bendahara, ungkap Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd selaku Ketua Panitia Musyran.
Kepala Desa Adisana Kecamatan Bumiayu, Ahmad Yani dalam sambutannya dalam Musyran di ranting Adisana sangat mengapresiasi gerakan dakwah berkemajuan yang dilakukan oleh persyarikatan Muhammadiyah, terutama gerakan pemberdayaan dan pencerahan yang dilakukan oleh PRM Adisana, PRM Baruamba, PRM Dukuhkweni, dan PRM Blere plus tambahan 2 ranting Baru Untung dan PRM Karangpucung yang baru saja disyahkan oleh PDM Brebes.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Adisana sangat bersyukur atas bertambahnya Ranting Muhammadiyah di Desa Adisana, yaitu Ranting Baru Untung dan Karangpucung. Oleh karena itu, dengan adanya 6 ranting di Desa Adisana ini akan semakin memperkuat eksistensi Muhammadiyah dengan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa dalam rangka pemberdayaan dan pencerahan umat sebagai wujud nyata gerakan dakwah berkemajuan”, ungkapnya.

Ketua PCM Bumiayu sangat bersyukur karena Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Bumiayu memiliki 24 Pimpinan Ranting dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Bumiayu.

“24 Pimpinan Ranting tersebut tersebar di Desa Adisana dengan 6 Ranting, lalu disusul dengan Desa Dukuhturi dengan 3 ranting, kemudian Desa Langkap dengan 2 Ranting, lalu Desa Penggarutan dengan 2 Ranting dan selebihnya di masing-masing Desa”, jelas Drs.H.Sukmono.

Acara pembukaan Musyran Ranting Baruamba adalah Pleno PCM dan PCA Bumiayu. Pleno PCM Bumiayu terdiri dari Drs. H. Sukmono (Ketua), H.Imam Sairi, S.Pd.I (Bendahara) dan Divisi Jurnalistik MPI PCM Bumiayu (Tarqum Aziz, SHI, M.Pd), Sedangkan pleno PCA Bumiayu yang hadir adalah Any Sofiyati S.Ag (Wakil Ketua II), Hj. Lely Usriyah (Ketua Majelis Tabligh), dan Sri Havini Muria (Ketua Majelis Kesejahteraan Sosial). Hadir juga Pleno PRM-PRA Baruamba, sesepuh Muhammadiyah dan Aisyiyah Adisana, ortom, AMM serta para kepala AUM dan 12 personil Kokam.

Baca Juga  Mutasi Perwira di Polda Jambi

Dalam waktu yang bersamaan yaitu ahad, 5 November juga digelar Musyawarah ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah di Adisana, Blere, Dukuhturi, Negaradaha dan Kalisumur. Bahkan sehari sebelumnya, yakni Sabtu malam, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kalinusu juga menggelar Musyran di rumah Kusuma Widya Bahri, M.Pd selaku Sekretaris PRM Kalinusu. Setelah semua Ranting telah mengadakan Musyran, maka akan dikukuhkan secara serentak bersama dengan 2 PRM baru, yaitu PRM baru Untung dan PRM Karangpucung pada tanggal 19 November 2023, terang Indra Purwanto, M.Pd selaku Sekretaris PCM Bumiayu (RedG/Tarqum Aziz-MPI PCM Bumiayu).

Komentar

Tinggalkan Komentar