oleh

Masyarakat Buat Tanggul Penahan Tanah, Cegah Rumah Terdampak Longsor 

Brebes – Masyarakat dan segenap unsur pemerintah di kecamatan  Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bergerak cepat untuk mencegah dampak longsor yang mengancam rumah salah satu warga Desa Bentarsari, akibat gerusan air hujan.

Babinsa Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes dan anggota Satpol PP Salem, juga terjun membantu masyarakat setempat bergotong-royong dalam upaya membuat TPT (Tanggul Penahan Tanah) darurat untuk mengamankan rumah Kartono (60), warga Dukuh Cikulur RT/RW.03, Rabu (8/1)

Menurut  Danramil Salem  Kapten Infanteri Iskandar, bahwa pekerjaan adalah membuat tanggul darurat di tebing sepanjang 20 meter dan tinggi 3 meter yang berada di depan rumah Kartono.

“Pembuatan tanggul darurat dilakukan dengan media karung yang diisi dengan tanah yang diambil dari samping rumah,” ucapnya.

Dengan menghabiskan sebanyak 70 kantong tanah yang tersusun dan dipatok dengan bambu, diharapkan mampu mencegah tanah longsor dan melewati musim penghujan 2020 ini sebelum nantinya di talud permanen.

Kades Bentarsari Ruswa Abdul Mukti, mengucapkan terima kasih atas bantuan unsur di wilayahnya dalam membantu salah satu warganya yang terdampak abrasi. (RedG/Aan)

Komentar

Tinggalkan Komentar