Pemalang – Infrastruktur jalan merupakan salah satu sarana nyang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan jalan yang baik, kayak dan dapat dilalui dengan nyaman dan aman merupakan hal yang diinginkan masyarakat karena dapat menunjang berbagai aspek kehidupan Antara lain roda perekonomian. Hal ini juga diharapkan oleh masyarakat desa Gapura, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

Kondisi jalan yang menghubungkan desa Gapura dengan desa Majalangu yang merupakan akses keluar menuju kecamatan Watukumpul maupun ke kota kabupaten Pemalang saat ini dalam kondisi jelek. Terlihat seperti makadam karena sudah tidak ada bekas aspalnya.

Kondisi jalan yang menghubungkan desa Gapura dengan desa Majalangu, titik tanjakan yang berbahaya

Menurut masyarakat setempat, jalan ini sudah diusulkan ke dinas terkait untuk diperbaiki, dan Dinas terkait sudah melakukan pengecekan akan tetapi tidak kunjung diperbaiki. Ada 3 (tiga) titik tanjakan yang menurut masyarakat setempat segera diperbaiki karena dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

“Kami sudah lelah berharap kepada pemerintah untuk perbaikan jalan ini.” kata salah seorang warga yang namanya minta tidak usah ditulis.

Melihat kondisi tersebut akhirnya dengan kesadaran tinggi masyarakat berupaya melakukan swadaya penggalangan dana. Penggalangan dana dari masyarakat dan para perantau sampai hari Jum’at (6/7/2018) terkumpul Rp. 2.230. 000 (dua juta dua ratus tiga puluh ribu rupiah).

Minggu (8/7/2018), dengan kesadaran akan pentingnya perbaikan jalan ini melakukan perbaikan secara swadaya dan gotong royong.

“Kami prioritaskan perbaikan dengan cara cor di tiga titik tanjakan. Kami sadar dengan kondisi pembiayaan yang ada masih dari kurang untuk perbaikan ini. Akan tetapi inilah bukti keseriusan kami agar pemerintah baik daerah maupun provinsi dan pusat mau memperbaiki jalan yang kami butuhkan.” kata seorang warga Gapura yang juga tidak mau disebutkan namanya.

Masyarakat swadaya dan bergotong royong perbaiki jalan

Harapan masyarakat Gapura ini harusnya mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. Bagaimanapun dengan jalan yang baik akan memperlancar perekonomian, pendidikan, kesehatan dan semua aspek kehidupan. (RedG)

Tinggalkan Komentar