Klaten- Babinsa Kranggan Serma Saktia TN bersama Babhinkamtibmas laksanakan patroli wilayah ke desa binaan guna mewujudkan ketahanan wilayah dan melihat langsung proses pembuatan cangkul di wilayah binaan, Senin (8/6/2020).

Dalam pelasaanaannya Babinsa Koramil 15/Polanharjo Serma Sakti melaksanakan kunjungan ke pengraji cangkul dengan kapasitas produksi 20pcs/hari. Rumah Produksi pembuatan cangkul ini sudah ditekuni selama 15 tahun sampai sekarang oleh Wardi (43) warga Desa Kranggan Rt 01/01 Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Cangkul merupakan salah satu kebutuhan alat pokok petani, desa kranggan sendiri masih banyak Home Idustri lain seperti pengrajin pisau sabit dan lain sebagainya.

Wardi menerangkan secara garis besar proses pembuatan cangkul dengan bahan yang sudah tersedia besi di tempa melalui dengan di panaskan di atas bara api terlebih dahulu, tentunya dengan tempaan yang bagus akan terbentu menjadi cangkul yang berkwalitas bagus.

”Usaha yang dikembangkan oleh Wardi melalui produksi cangkul sudah ditekuni berjalan lebih kurang 15 tahun lamanya dan hasil produksinya dijual ke pasar tradisional. Dengan hasil usaha tersebut, Wardi sangat berkecukupan di dalam kebutuhan rumah tangganya ,” ujar Babinsa.( red )

Tinggalkan Komentar