Workshop Animasi Paper Toys Stop Motion kepada Siswa SMK Negeri I Sragen

Sragen – Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengajarkan tip dan trik dalam “Workshop Animasi Paper Toys Stop Motion” Kepada siswa SMK Negeri 1 Sragen. Workshop Animasi tersebut berlangsung pada Kamis,12 Maret 2020 mulai jam 10.00 WIB yang dihadiri sekitar 972 (sembilan puluh lima) siswa dari kelas X, XI, dan XII yang berasal siswa SMA/SMK Negeri I Sragen.

“Membuat karya animasi itu mudah dan menyenangkan, itu lah semangat yang diusung dalam kegiatan “Workshop Animasi Paper Toys Stop Motion” kali ini, gelaran kegiatan kreatif ini berupa merancang animasi dengan metode stop motion yaitu merupakan teknik animasi untuk menjadikan objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan,” ujar Ipung Kurniawan, M.Sn (Pemateri dan Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta), Jumat (13/3).

Dijelaskannya, metode animasi tersebut merupakan salah satu metode yang sangat mudah dan cepat dikuasai dalam waktu singkat, sehingga meruntuhkan anggapan generasi milenial bahwa animasi itu sulit dan susah dipelajari, hal tersebut terbukti dari antusias siswa SMK Negeri I Sragen untuk turut serta berkreasi animasi stop motion, tanpa merasa canggung dan tanpa kendala/kesusahan dalam hal teknis, malah ketagihan. Hal ini didasari oleh keberanian dan keinginan dalam mencoba hal baru, dan tentu saja dituntun oleh pembimbing yang tepat dibidangnya.

“Paper toys itu sendiri berarti seni membuat sebuah objek dari bahan dasar kertas, dengan cara menggunting, melipat dan menempel pola yang telah didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi bentuk yang kita inginkan, misalnya : figur orang, rumah, mobil, motor, binatang, dan karakter lainnya,” katanya.

“Tahapan stop motion animation berupa dari hasil paper toys yang sudah jadi kemudian di foto “per key pose” menggunakan aplikasi di smartphone, kemudian dari foto-foto tersebut akan menjadi rangkaian gambar yang seolah-olah memberi ilusi gerak,” lanjutnya.

Sementara, Joko Suyatno, S.Sen (Koordinator Kegiatan dan Guru SMK Negeri I Sragen), Jumat (13/3) menegaskan workshop kolaborasi antara animasi dan paper toys ini sebagai dari rangkaian kegiatan “Kegiatan Apresiasi Seni” yang berlokasi di halaman lapangan sekolah.

“Dimana kegiatan ini ditujukkan kepada siswa bertujuan untuk mengenalkan kreativitas sekaligus keterampilan tangan dalam mengolah kertas menjadi sesuai yang menarik serta mengisi diantara rutinitas KBM (Kegiatan Belajar Mengajar),” tegasnya.

Ditambahkannya, dua narasumber, yaitu Ipung Kurniawan, M.Sn dan Rendya Adi Kurniawan, M.Sn, keduanya dari Dosen Prodi Prodi DKV FSRD ISI Surakarta akan berbagi ilmu dan kiat-kiat membuat karakter paper toys dengan mudah dan dikreasikan lewat animasi stop motion melalui hp android agar menjadi karya seni yang menarik.

“Selain itu, juga diadakan perform berupa tari, musik dan teater dari Fakultas Seni Pertunjukan,” tutupnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *