oleh

Wayang Kulit Online Kamulyaning Bumi, Berkreasi Mengedukasi Sekaligus Berbagi di Tengah Pandemi

Wonogiri- Pandemi global Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan COVID 19 membuat sejumlah sektor terkena dampaknya, tak terkecuali bidang seni pertunjukan.

Protokol kesehatan pencegahan COVID 19 membuat para pekerja seni harus kehilangan pekerjaan sejak pertengahan Maret 2020.

Menyikapi hal tersebut, munculah ide untuk membuat sebuah pertunjukan wayang kulit secara online lewat Youtube dengan nama Wayang Berkah Peduli Kemanusiaan mengambil lakon Kamulyaning Bumi dengan Dalang Ki Ajie Dwi Santoso, S.Sn,MM, pada Minggu 17 Mei 2020 mulai pukul 20.00 sampai 22.00 WIB. Pertunjukan tersebut akan dilaksanakan di Dusun Tare, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo.

Risnandar, pembina Yayasan Tawang Ngumandhang mengatakan selain menggerakkan kembali pekerja seni, pertunjukan nanti merupakan upaya seniman dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat seputar pandemi COVID 19 dan dampaknya.

Dalang yang juga seorang Kepala Desa Petung, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar tentu akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat terkait program pemerintah dalam upaya penanganan wabah COVID 19.

“Pemerintah ada program Jogo Tonggo, ada program bantuan kepada masyarakat, tugas kita disini memberikan pemahaman kepada masyarakat lewat pertunjukan wayang kulit online nanti malam,” katanya.

Dukungan mengalir dari Dirjen Kebudayaan RI yang memberikan bantuan dan akan ikut menyiarkan pertunjukan tersebut melaui channel YouTube mereka.

Donasi juga dibuka melalui rekening Bank Mandiri dengan nomer rekening 9000024083157 atas nama Titik Parmuji.

Risnandar mengungkapkan jika nanti terkumpul sejumlah uang, hasilnya akan diberikan kepada para seniman yang terdampak dan juga bagi kaum duafa. Dia berencana melakukan kegiatan pertunjukan tersebut secara kontinyu.

Sementara Dalang Ki Ajie Dwi Santoso,S.Sn,MM menjelaskan di tengah pandemi global COVID 19, para seniman ingin sekali berinteraksi dengan para penggemar seni. Dengan adanya teknologi, mereka berinovasi dengan menggelar wayang kulit online tersebut.

Baca Juga  Bangun Komunikasi dan Kemitraan Polisi Temui Kepala Sekolah Baru

Dalang yang juga Kepala Desa Petung, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar tersebut menegaskan para seniman juga bisa ambil bagian dalam memutus rantai pencegahan COVID 19.

“Kami mengedukasi masyarakat lewat seni wayang kulit, terkait program pemerintah dan menerangkan terkait mekanisme penyaluran bantuan BLT,PKH dan BLNT agar masyarakat paham,” ungkapnya.

Lakon Kamulyaning Bumi menurutnya menceritakan tentang raja dan rakyatnya yang bersatu padu, bergotong-royong dalam mengatasi sebuah permasalahan.

Tertarik melihatnya? Anda bisa menyaksikan di channel YouTube Citra Abadi, Ki Ajie Dwi Santoso dan MMTV nanti malam mulai pukul 20.00 WIB.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed