oleh

Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Wajib Dimiliki Anggota Linmas

Wonogiri – Bertempat di lantai II gedung PMI Kabupaten Wonogiri telah berlangsung kegiatan pemberian materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh Danramil 23/Karang Tengah Kodim 0728/Wonohiri Kapten Arh Hadi Santoso yang diikuti 30 orang,Rabu (1/8/18).

 

Kapten Arh Hadi Santoso dalam materinya menyampaikan bahwa empat pilar kebangsaan negara Republik Indonesia hal mutlak yang harus dketahui dan dipahami oleh peserta latsar linmas, dalam hal ini empat pilar negara kita terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka tunggal Ika, dan NKRI.

“Pancasila sebagai dasar negara,pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara,pancasila sebagai ideologi negara serta pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan,sehingga tugas kita sekarang adalah untuk mempertahankan kemerdekaan itu dari segala macam hal ancaman baik dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Dia menuturkan Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama dseluruh wilayah negara kita, NKRI harga mati untuk setiap rakyat indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar.

Dalam pemberiaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada peserta latsar Linmas Danramil menekankan bahwa pancasila dan UUD 45 adalah sebagai dasar negara, jika ada suatu kelompok atau ormas yang akan mengganggu atau merubah dasar negara maka kewajiban kita sebagai rakyat negara republik indonesia wajib untuk mempertahankannya, agar persatuan dan kesatuan negara tetap aman dan damai.

Diharapkan setelah menerima wawasan kebangsaan para peserta Latsar Linmas mengerti dan memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkunganya, serta dalam kegiatannya sehari-hari mampu untuk mengemban tugas sebagai aparat keamanan desa dan lingkunganya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar