oleh

Waspada, Potensi Gelombang Air Laut Tinggi

Batam – Sejak awal Tahun Baru 2021 hingga dua hari kedepan, Batam akan diguyur hujan dengan intensitas hujan serang hingga hujan lebat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam meminta seluruh masyarakat Kepri agar selalu waspada, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pesisir karena gelombang pasang air laut potensi tinggi.

“Dalam satu Minggu ini diperkirakan akan terjadi hujan di wilayah Provinsi Kepri,” kata Forcester On Duty BMKG Hang Nadim Batam, Fauzan Lathif, Sabtu (2/01/2021).

Fauzan mengatakan, fenomena hujan diawal tahun 2021 selama dua hari berturut-turut tanpa henti, disebabkan adanya pusaran angin lapisan atas (siklonik). Awan ini sambungnya terletak di sebelah barat Kalimantan Barat yang menyebabkan belokan (shear) curam di wilayah Bintan, Batam, Tanjungpinang, Karimun dan Lingga sehingga kondisi kelembaban udara lapisan atas juga sangat basah, dan memungkinkan awan hujan terbentuk secara masif dalam area yang luas.

“Kondisi cuaca di wilayah Bintan, Batam, Tanjung Pinang, Karimun, dan Lingga esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sepanjang hari dengan sesekali disertai petir dan angin kencang. Sedangkan di wilayah Natuna dan Kepulquqn Anambas diperkirakan berawan hingga hujan ringan disertai angin kencang yang terjadi secara temporal dan fluktuatif pada pagi hingga sore hari,” ujarnya.

Kata Fauzan, tidak hanya masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir yang harus waspada, masyarakat yang tinggal di perkotaan juga harus waspada. Karena selain hujan lebat sepanjang hari juga disertai dengan petir dan angin kencang.

“Untuk operator atau transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada. Karena ada gelombang tinggi dan angin kencang, khususnya perairan di wilayah Bintan, Lingga, Perairan Utara Bangka dan Perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas,” ucapnya.(redG/Bayu).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed