oleh

Warga Kemiriamba Lakukan Perbaikan Tanggul Darurat Sungai Cibiyuk Usai Banjir Mereda

Brebes – Warga masyarakat Desa Kemiriamba melaksanakan gotong royong perbaikan tanggul Sungai Cibiyuk yang jebol akibat terjangan banjir besar pada (4/1/2023) yang menggenangi enam desa di wilayah kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes, Sabtu, (6/1/2023).

Kegiatan perbaikan ini juga turut melibatkan TNI, POLRI beserta pihak pemerintah desa Kemiriamba untuk melakukan perbaikan di beberapa titik Tanggul dengan menambahkan tanggul darurat di sepanjang sungai Cibiyuk.

Kapten Arhanud Suryadi SH, Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes menuturkan bahwa tanggul jebol ada di titik lokasi RT. 04 RW. 02 Desa Kemiriamba, “Kami melakukan kerja bakti menutup tanggul Sungai Cibiyuk yang jebol sepanjang kurang lebih 35 meter dengan ketinggian 3-4 meter dengan karung berisi pasir dan kemudian ditahan dengan dolken,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa akibat tanggul jebol dikarenakan tidak mampu menahan debit air kiriman dari wilayah Kecamatan Lebaksiu dan Balapulang Kabupaten Tegal, “Masyarakat berharap adanya perbaikan tanggul bersifat permanen agar banjir serupa tidak terulang kembali,” imbuhnya.

Ketika banjir merendam enam desa di Kecamatan Jatibarang, warga sekitar yang mayoritas ibu-ibu dan anak-anak memilih mengungsikan diri karena rumahnya terendam banjir dengan ketinggian di atas satu meter.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes, tercatat sebanyak 202 jiwa mengungsi di masjid dan musala, dengan rincian 52 jiwa mengungsi di Masjid Jami Al Ittihad Jatibarang, 100 jiwa di Masjid Desa Kemiriamba, dan 50 jiwa di musala Desa Kemiriamba.

Banjir tersebut juga sempat membuat arus lalu lintas tersendat dikarenakan banyak kendaraan roda dua dan roda empat yang mogok ketika menerobos terjangan banjir. (RedG /Mishbahul Anam)

Komentar

Tinggalkan Komentar