oleh

Wapres: Kerukunan Antarumat Kunci Keutuhan Bangsa

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan, kerukunan antarumat merupakan kunci utama menjaga keutuhan dan persatuan bangsa. Sebab, keberagaman suku, agama, dan ras di Indonesia merupakan keunikan tersendiri yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

“Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga kerukunan antarumat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional, karena kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa,” tegasnya pada Perayaan Tahun Baru Imlek melalui konferensi video, Minggu (14/2/2021).

Selain itu, Ma’ruf Amin juga meminta Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) yang sebagian besar warganya merupakan pelaku usaha, dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19.

Ia pun mengapresiasi partisipasi MATAKIN dalam menanggulangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19, sekaligus untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi kepada MATAKIN dan segenap umat Konghucu atas peran serta dan kontribusi yang telah diberikan dalam membantu masyarakat mengatasi pandemi COVID-19 dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan,” ucapnya.

Selain itu, Ma’ruf Amin juga mendorong peran dari para pemuka agama untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Nasihat dan bimbingan pemuka agama akan memperkuat keyakinan dan kepatuhan umatnya tentang akibat apabila tidak menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar