oleh

Wakil Ketua DPRD Pemalang Apresiasi Pelatihan Pengolahan Limbah Domestik Rumah Tangga

Pemalang – Dalam rangka menekan sampah khususnya sampah rumah tangga, komunitas Srikandi Sungai Indonesia kabupaten pemalang, bersama Trainer Global Ecobrick melaksanakan pelatihan pengelolaan sampah melalui 3R (Reuse, Reduce, Recycle) ke TP. PKK Kabupaten Pemalang.

Pelatihan yang dilaksakan pada Kamis, 10 November 2022 di Balai Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang diikuti oleh kader PKK dari tingkat kabupaten sampai Desa. Dalam pelatihan tersebut diajarkan membuat ecobrick, sabun dan lilin.

Pemanfaatan limbah domestik seperti sampah plastik dan minyak goreng bekas atau jelantah menjadi fokus dalam pelatihan ini.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Ajeng Triyani mengapresiasi pelatihan ini.

“Kami selalu wakil rakyat mendukung gerakan teman-teman Srikandi Sungai Indonesia kabupaten pemalang, Trainer Global Ecobrick yang sudah mengedukasi kegiatan kepada kader PKK, dari kabupaten hingga desa,” jelasnya ketika dihubungi via whatsapp, minggu (13/11/2022).

Menurutnya, pelatihan ini merupakan salah satu langkah yang luar biasa, adanya pelatihan membuat ecobrick, sabun dan lilin, langsung mengena pada permasalahan limbah rumah tangga dan secara otomatis memberikan solusi. Tentunya hal ini tidak lepas dari kebiasaan buruk masyarakat yang masih suka membuang atau membakar plastik, serta membuang j minyak jelantah yang dapat mencemari lingkungan.

Kedepannya, Ajeng berusaha
menyampaikan hal ini pada saat rapat-rapat dengan semua pemangku kebijakan, dan mengajak semua berperan dalam permasalahan pencemaran sekaligus antisipasi secara dini limbah domestik rumah tangga.

“Yang perlu di ketahui bahwa bahaya yang ditimbulkan dari limbah minyak jelantah seperti¬†rusaknya ekosistem perairan, mencemari tanah dapat menyumbat saluran air dan menimbulkan penyakit jantung dll. Limbah minyak jelantah dapat diolah dengan baik supaya tidak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan,” pungkas Ajeng Triyani. (RedG/Tarto.B.H)

Komentar

Tinggalkan Komentar

1 komentar