oleh

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Berlangsung Sukses

Batam – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua sudah disuntikan. Secara simbolis, vaksin diberikan kepada pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengusaha di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (29/1/2021).

Secara resmi, vaksinasi Covid-19 tahap kedua dibuka Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Dalam kesempatan itu, Rudi meminta semua yang sudah mendapat vaksin untuk mentransfer pengalaman usai divaksin. Ia bersyukur selama program vaksinasi, tidak ditemukan kendala apapun.

“Vaksinasi terus digencarkan, rencana April-Juni akan dilaksanakan vaksinasi tahap kedua,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kinerja tenaga medis yang terus membantu menangani Covid-19 di Batam. Ia berharap, dengan program vaksinasi tersebut, persoalan Covid-19 akan selesai dan perekonomian Batam kembali bangkit.

“Kita juga menyurati Pemprov Kepri agar semua vaksin segera disalurkan supaya dapat segera disuntikkan,” kata Rudi.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, dari total 6.687 sasaran vaksinasi, jumlah yang sudah divaksin hanya 2.598 orang dan 235 orang ditunda. Dari data yang sama, tenaga kesehatan yang tidak diberikan sebanyak 310 orang serta 3.544 orang yang belum divaksin.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, melaporkan hingga pemberian vaksin dosis kedua, tidak ditemukan efek samping vaksin yang berarti. Ia mengaku, Batam kini memiliki alat pengukur antibodi sebagai langkah mengecek efektivitas vaksinasi Covid-19.

“Batam sudah tersedia alat yang mengukur kadar anti bodi. Mengukurnya satu bulan setelah hari ini yang difasilitasi Prodia,” ujar Didi.

Didi menjelaskan, pengukuran kadar antibodi jika mencapai 250, artinya sudah mendapat perlindungan 70 persen. Jika terinfeksi Covid-19, orang yang sudah divaksin, maka gejalanya sangat ringan.

“Vaksin dosis kedua ini menambah kadar antibodi. Vaksinasi dosis pertama hanya tahan 3-6 bulan, setelah dosis kedua bisa sampai 1 tahun,” tuturnya.

Baca Juga  Kejati Jambi Syukuran Akbar Melepas Kajati yang Purna Tugas

Dalam kesempatan itu, beberapa pejabat yang disuntik vaksin di antaranya; Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid, serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengusaha.(RedG/Bayu)

Komentar

Tinggalkan Komentar